-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Milad Aisyiyah ke-105 Dipusatkan di Paraman Ampalu

Minggu, 12 Juni 2022 | Minggu, Juni 12, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-12T06:57:42Z
iklan

Suasana Peringatan Maulid ke-105 Pasaman Barat di Paraman Ampalu


Pasaman Barat, smartsumbar.com - Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Pasaman Barat, Minggu 12/6), merayakan peringatan Milad atau ulang tahun ke-105, tahun 2022 organisasi khusus kaum ibu dari Muhammadiyah se Pasaman Barat.

Milad Aisyiyah tingkat Kabupaten Pasaman Barat tahun ini, katanya, dipusatkan di aula perguruan Muhammadiyah Paraman Ampalu. Kegiatan ini diikuti unsur pengurus Aisyiyah daerah Pasaman Barat, utusan pimpinan cabang dan ranting Aisyiyah se Pasaman Barat, unsur pengurus Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pasaman Barat, perwakilan pimpinan organisasi otonom (Ortom) tingkat daerah, dan undangan.

Ketua PDA Pasaman Barat, Aida Eliza, melalui pidato iftitahnya, menyampaikan, Milad ‘Aisyiyah yang dilaksanakan tahun ini merupakan peringatan usia ke-105 dalam bilangan tahun
Miladiyyah, yaitu tanggal 19 Mei 1917 M – 19 Mei 2022 M. Bertepatan ke 108 menurut hitungan Hijriyah (27 Rajab 1335 H - 27 Rajab 1443 H). 

Milad memiliki arti penting, mensyukuri nikmat Allah atas perjalanan panjang melintas zaman Aisyiyah
dalam mengemban misi dakwah dan tajid untuk
mencerahkan kehidupan. Milad ini menjadi
momentum penting melakukan refleksi ruhani dan pemikiran atas usaha-usaha yang dilakukan

‘Aisyiyah, digerakkan oleh para perempuan yang memiliki karakter dan potensi serta beretos kemajuan, seperti gemar bekerja keras, militansi tinggi, berkhidmat sepenuh hati, ikhkas, kerelawanan, hemat, gigih, dan menebar
kebaikan yang semuanya lahir dari komitmen
keislaman, keilmuan, dan orientasi amaliah yang
bermisi dakwah untuk membangun peradaban
hidup yang lebih baik", katanya.

Dakwah ‘Aisyiyah yang menyuburkan semangat dan ikhtiar amal shaleh yang membawa Aisyiyah pada tahap kemajuan umat dan bangsa di seluruh sudut negeri sampai ke daerah-daerah terdepan, terjauh, dan tertinggal. Kehadiran dakwah ‘Aisyiyah yang melintas-batas tersebut, lahir dari nilai-nilai Islam yang berkemajuan dan telah digerakkan melalui
praksis amaliyah.

 ‘Aisyiyah di berbagai bidang kehidupan, seperti peneguhan keagamaan
(spiritualitas), pendidikan, malalui pengembangan lembaga pendidikan atau sejenisnya. Pada usaha bidang pendidikan, ulas Aida, Aisyiyah sesuai tingkatan mengelola pendidikan informal dan formal.

Di bidang pendidikan informal, ulas ketua PDA itu, pihaknya mengelola pengajian Aisyiyah secara terprogram, sesuai jadwal dan materi yang ditetapkan. Di bidang pendidikan formal, pihaknya juga mengelola Pendidikan Anak Usia Dini (Paud), Taman Kanak-kanak (TK) atau Raudhatul Athfal (RA), pendidikan tingkat Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah, dan sebagainya.

Ketua Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Paraman Ampalu, Afrida, usai peringatan Milad ke-105 Aisyiyah, menyampaikan, peringatan ulang tahun organisasi khusus kaum perempuan pada hari ini, merupakan acara yang pertama kali digelar, semenjak pandemi penyebaran virus corona atau Covid-19 berkurang intensitasnya.

Karena kegiatan ini agenda pertama, sejak Covid-19 berkurang, mengakibatkan tumpah ruah keluarga besar Aisyiyah se Pasaman Barat, menghadiri dan berpartisipasi di momen Milad Aisyiyah tingkat kabupaten di Paraman Ampalu, saat ini. (gz/irz)
iklan
×
Berita Terbaru Update