-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Hamsuardi, Pembina Upacara Hari Santri Pasaman Barat 2022

Sabtu, 22 Oktober 2022 | Sabtu, Oktober 22, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-22T16:05:02Z
iklan

Upacara Bendera Hari Santri Pasaman B


Pasaman Barat, smartsumbar.com - Bupati Pasaman Barat, Sumatera Barat, Hamsuardi, Sabtu (22/10), bertindak menjadi pembina upacara peringatan Hari Santri tahun 2022. Upacara yang diprakarsai Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, dilaksanakan di halaman kantor bupati, Simpang Empat.


Selain bupati, kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur, bersama jajaran. Upacara bendera peringatan hari santri tingkat kabupaten itu, juga dihadiri Wakil Bupati, Risnawato, Sekretaris Daerah, Hendra Putra, unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah), perwakilan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) , pimpinan pondok pesantren bersama santrinya masing-masing, dan pimpinan organisasi keagamaan dan sosial kemasyarakatan tingkat kabupaten.


Bupati, HamsuardI,  pada upacara peringatan Hari Santri Nasional itu, membacakan pidato menteri agama dihadapan peserta upacara. Hari santri yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober diartikan sebagai momentum untuk mengingat perjuangan santri, merebut kemerdekaan Indonesia dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.


“Hari santri ini juga sebagai pengingat tercetusnya resolusi jihad yang berisi fatwa atau aturan dari keputusan ulama, sebagai kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesian. Hari Santri yang diperingati hari ini, mengangkat tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan. Bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarma baktikan kehidupannya untuk bangsa dan negara.


Santri lebih semangat, ulas Hamsuardi, lagi memenuhi panggilan ibu pertiwi. Mereka tidak asyik dengan dirinya sendiri tetapi terlibat secara aktif di dunia perpolitikan, pendidikan, sosial, ekonomi dan ilmu pengetahuan.


Upacara Hari Santri Nasional tingkat kabupaten ini,  juga dijadikan sebagai momentum untuk launching program Magrib Mengaji dan Tahfidz Al-Qur’an oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat. Visi dan misi Pemkab Pasbar untuk meningkatkan kegiatan keagamaan tentang Tafidz Al-Qur’an dengan tujuan pada tahun 2036 mendatang sekitar 30 persen warga Pasbar akan hafal Al-Qur’an.


Untuk itu, Hamsuardi, mengajak, kepada semua santri yang ada di Kabupaten Pasaman Barat, di momentum Hari Santri Nasional ini marilah kita mendukung program unggulan Pemkab Pasbar tentang Tahfiz Al-Qur’an dan Magrib Mengaji, yang ditindaklanjuti setiap warga di rumahnya masing-masing, sesuai waktu dan kesempatan yang ada.


Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur, usai upacara bendera itu menyampaikan, haru santri yang upacara bendera peringatannya dilaksanakan setiap tahun, adalah agenda nasional, mulai tingkat pusat, provinsi dan kabupaten atau kota, seperti untuk tingkat Pasaman Barat hari ini (Sabtu-red) dilaksanakan di halaman kantor bupati, Simpang Empat.


“Kepada ustadz dan ustadzah untuk mendorong suksesnya kegiatan yang terdapat dalam visi dan misi pemerintah daerah sekaligus pemberdayaan syiar Islam, melalui pemberdayaan serta pelestarian peran santri di tengah masyarakat, terutama di lingkungan yang bersangkutan. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update