-->

Notification

×

Iklan

Iklan

SMP IT Al-Kahfi Pasaman Barat, Isi Semarak Maulid Dengan Dongeng

Minggu, 02 Oktober 2022 | Minggu, Oktober 02, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-02T00:36:44Z
iklan

Dengeng Kemanusiaan di SMP IT Al-Kahfi 



Pasaman Barat, smartsumbar.com -  Keluarga besar Pondok Pesanetren (Ponpes) SMP IT (Islam Terpadu) Al-Kahfi Pasaman Barat di Rimbo Binuang Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sabtu (1/10) isi semarak bulan Maulid (hari kelahiran) Nabi Muhammad Saw 1444 Hijrah, menggelar aksi kemanusiaan dengan menghadirkan pendongeng nasional Danang Roadshow.


"Alhamdulillah, warga Ponpes SMP IT Al-Kahfi Pasaman Barat, pada peringatan hari lahirnya Nabi Muhammad Saw tahun ini menampilkan dongeng, disampaikan Tim Danang Roadshow, dengan tema Kisah Anak Palestina dan Inspirasi bagi Generasi Penerus", kata Kepala SMP IT Al-Kahfi Pasaman Barat, Abri Maijon, didampingi Ketua Yayasan Al-Kahfi, Firdaus, Sabtu itu.


Dongeng, ulas Abri Maijon, merupakan cerita khayalan atau cerita yang tidak benar-benar terjadi. Pada umumnya dongeng memiliki sifat menghibur dan mengandung nilai pendidikan. Dongeng ini sendiri dikarang dan diceritakan kembali secara berulang-ulang oleh orang. Cerita tersebut dibuat karena terinspirasi dari suatu peristiwa.


Cerita yang disampaikan Danang Roadshow, ulas kepala SMP IT Al-Kahfi Pasaman Barat lagi, merupakan suatu warisan dari nenek moyang yang secara turun temurun perlu untuk dilestarikan keberadaannya. Walaupun benar atau tidaknya suatu dongeng tersebut perlu dipertanyakan kembali. Dongeng ini sendiri merupakan karya sastra yang dapat membangun sebuah karakter anak untuk belajar berimajinasi.


Selain itu, ulasnya lagi, dongeng adalah bentuk sastra lama yang menceritakan tentang suatu kejadian yang luar biasa terjadi diluar nalar manusia dengan penuh fantasi dan khayalan atau fiksi. Dongeng dianggap oleh masyarakat sebagai sesuatu hal yang tidak benar-benar terjadi di dunia nyata.


Aksi solidaritas untuk bangsa Palestina bersama Danang, papar Abri Maijon, dikuatkan Firdaus, sudah berjalan seantaro negeri, hingga saat ini, pendongeng asal Jakarta tersebut, sudah berlangsung lebih dari 10 ribu titik sekolah, dan hari ini SMP IT Al Kahfi sekolah dikunjungi di Pasaman Barat. Kak Danang sendiri sudah aktif mendongeng selama 9 tahun belakangan.


Agenda roadshow aksi kemanusiaan untuk Palestina oleh Kak Danang dan Sahabat ODI mendapat sambutan hangat. Terlihat santri Al Kahfi mengikutinya antusias dan khidmat. Apalagi peran Boneka ODI, ia berhasil mencuri perhatian santri karena dibawakan sangat  professional oleh Kak Danang. Ceritanya menarik dan penuh inspirasi. Pada kesempatan itu, terkumpul infak untuk warga Palestina sebesar Rp. 20.050.000, (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update