-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Murdia, Guru KMM Paddangpanjang Lolos Penulis AKMI

Rabu, 01 Maret 2023 | Rabu, Maret 01, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-13T12:13:04Z
iklan
MURDIA AINI



Padangpanjang, smartsumbar.com - Usai mengikuti proses seleksi panjang dan ketat di Kementerian Agama RI, akhirnya, Murdia Aini, dinyatakan lulus seleksi sebagai penulis soal Assesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI). 


"Alhamdulillah, melalui proses seleksi yang dilalui, dirinya dinyatakan lulus sebagai penulis soal AKMI tahun 2023. Hal ini sesuai sesuai surat Dirjen (Direktorat Jenderal) Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Nomor. 227/PMU.MEQR/HM/II/2023," kata Murdia, guru Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Kauman Padang Panjang.


AKMI, katanya, adalah rekrutmen dilakukan Kementerian Agama RI, dalam rangka menjaring penulis dan reviewer asesmen tahun 2023. Pendaftaran menjadi peserta, dimulai sejak Desember 2022.


Tahapan seleksi yang diikuti peserta, ulasnya, di antaranya seleksi administrasi, seleksi 1 pembuatan stimulus, seleksi 2 pembuatan indikator dan soal AKMI, seleksi 3 pembuatan stimulus beserta soal, selesai 4 psikotes, dan terakhir seleksi ke 5 wawancara.


"Tim penulis yang sudah dinyatakan lulus, akan bekerja beberapa bulan ke depan untuk membuat soal, yang akan diujikan kepada siswa madrasah, meliputi kelas V tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), kelas VIII tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan kelas XI tingkat Madrasah Aliyah (MA)," ujar Murdia.


Program ini, terangnya, merupakan implementasi kegiatan Komponen II Realizing Education's Promise-Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR) yang bersumber dari Project Management Unit REP-MEQR Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.


Tim Penyusun dan Reviewer lnstrumen  AKMI direkrut dari kalangan guru dan pengawas madrasah. AKMI tahun 2023 adalah kelanjutan penyelenggaraan tahun sebelumnya, bertujuan untuk memetakan kemampuan siswa madrasah, demi perbaikan kualitas pengajaran madrasah di Indonesia.(*/gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update