-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Pertama di Pasbar, Pendirian KSU ASIAINDO Bergerak di Bidang Investasi

Monday, June 28, 2021 | Monday, June 28, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-06-28T09:01:24Z

 LIPSUS

 KSU ASIAINDO Hadir di Pasbar


Pasaman Barat, smartsumbar.com--- Banyak koperasi di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Provinsi Sumatera Barat. Namun mungkin baru kali ini ada koperasi yang fokus utamanya tentang investasi.Berkantor pusat di Ranah Batahan dan siap dikembangkan untuk daerah lain termasuk di luar Pasbar atau sifatnya nasional.

 

 

Koperasi ini diberi nama Koperasi Serba Usaha (KSU) Asosiasi Investor Alumni Indonesia ( ASIAINDO). Yang didirikan dengan kekompakan dan semangat kebersamaan oleh sesama Alumni SMP Negeri 1 Silaping Kecamatan Ranah Batahan, baik yang di rantau maupun yang berdomisili di Pasbar.  

 


Deklarasi berdirinya koperasi ini dilaksanakan dalam suatu pertemuan pendiri dan anggota, Minggu (27/06/2021) di Aula SMP Negeri 1 Silaping Kecamatan Ranah Batahan. Pendirian koperasi ini dinisiatori oleh Borkat Timbulan Lubis, Perantau asal Ranah Batahan di Jakarta.

 

 

Dengan pertemuan reuni bersama rekan lainnya yang merupakan satu alumni dari SMP Negeri Silaping tahun 1990, baik yang berada di perantauan maupun yang berdomisili di Ranah Batahan, yang beranggotakan sebanyak 36 orang. Mereka sepakat dan satu visi mendirikan KSU ASIAINDO.

 


Dalam kesempatan tersebut, juga dilaksanakan penanda tanganan Akta Notaris Pendirian KSU ASIAINDO, yang akan diterbitkan pada tanggal 1 Juli 2021.

 

“Pada hari ini sekaligus kita adakan penandatanganan akta notaris dari kantor notaris Jayat, SH, yang Alhamdulillah pihak notaris telah hadir. Dan secara resmi pendirian KSU ASIAINDO ini kita tetapkan tanggal 1 Juli 2021,bertepatan dengan hari Bayangkara dan juga pada bulan Juli merupakan hari koperasi nasional, “ kata Borkat Timulan Lubis, dalam paparannya terkait pendirian koperasi, penyampaian visi misi dan program ke depan KSU tersebut.

 


Dikatakan, visi dari pendirian KSU ASIAINDO ini sesuai nama koperasi, adalah  menjadi koperasi penggerak investasi berkelanjutan dan terpercaya. Dengan misi menggalang kekuatan anggota dan alumni untuk kejayaan koperasi. Dan menyediakan beragam produk dan layanan investasi dan keuangan terbaik.

 

Selain itu, misi lainnya adalah, memberikan nilai tambah yang optimal bagi seluruh pemangku kepentingan,  menjadi investor strategis dan utama di wilayah Pasaman Barat dan berkembang ke daerah lain.

 


Juga menjadi mitra strategis investor dari dalam dan luar negeri di Pasaman Barat, menjadi mitra strategis pemerintah daerah dan pemerintah pusat di Pasaman Barat, menggalakkan beli asset terbaik dan pilihan di Pasaman Barat dan manjalankan tata kelola yang baik dan benar serta managemen modern.

 

Borkat dan Wakil Ketua, Mujur Maroha juga menjelaskan tentang tujuan pendirian KSU. Yakni terciptanya suatu badan usaha milik bersama (berbentuk koperasi modern) yang akan menjadi penggerak investasi berkelanjutan atau pemegang saham di berbagai investasi, asset dan usaha. Sehingga anggota mendapatkan manfaat peningkatan ekonomi dan sekaligus turut serta memajukan perekonomian Indonesia melalui peran aktif di bidang investasi dan keuangan secara jangka panjang dan berkesinambungan.

 


“Koperasi sejenis ini mungkin pertama di Pasbar yang secara khusus bergerak di bidang investasi dan banyak usaha dan bisnis lainnya yang dapat kita laksanakan. Tentunya dengan menggandeng para pihak pendanaan terutama dari program Kementerian Koperasi dan kementerian terkait untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui wadah koperasi. Dan koperasi ini merupakan koperasi modern yang siap menjadi penggerak peningkatan ekonomi, anggota masyarakat dan daerah, “ jelas Borkat.

 

Ditambahkan, terkait bidang  investor dan kegiatatan usaha KSU ASIAINDO dengan wilayah utama Pasaman Barat, punya beberapa program kegiatan. Seperti  pendirian berbagai unit usaha bisnis terbaik dan pilihan di wilayah Pasaman Barat,  akuisisi dan take over berbagai asset dan usaha terbaik, menjadi mitra strategis investor dari seluruh Indonesia di Pasaman Barat dan  menjadi mitra strategis Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat dalam menjalankan program pembangunan.

 


“Wilayah utama kita tetap Pasaman Barat dan secara khusus Ranah Batahan. Kemudian nangtinya dikembangkan  untuk wilayah perluasan untuk seluruh kecamatan di Pasaman Barat.Bahkan berbagai daerah lain di seluruh Indonesia. Namun kantor pusat koperasi ini tetap  berkedudukan di  Jorong Silaping Kecamatan Ranah Batahan, “terang Borkat.

 

Adapun bidang usaha koperasi ini, diantaranya adalah usaha jasa keuangan dan perbankan syariah, usaha jasa investasi dan pembiayaan syariah, usaha jasa pengadaan barang, pembebasan tanah, dan usaha jasa sarana dan fasilitas olahraga.

 


Selain itu, juga dapat membuka usaha jasa perdagangan, usaha jasa fasilitas umum ( pelabuhan, pasar, bandara udara dll) ,eksport, import dan perdagangan, angkutan / transportasi, pariwisata ( hotel, restoran, rekreasi, hiburan dan objek wisata, agro wisata, dan lainnya.

 

Juga dapat bergerak di bidang jasa pengadaan barang, jasa toko swalayan,  pusat perbelanjaan,  jasa konstruksi dan pembangunan, jasa realestate, properti,  jasa pendidikan, riset dan penelitian, service elektronik dan penjualan elektronik, konsultan managemen, arsitektur,  even organizer, juga jasa simpan pinjam dan bidang lainnya yang memungkinkan.

 


Borkat Lubis yang juga salah seorang owner dan pendiri usaha Taman Nusa  dan Usaha Perhotelan / Villa Bintang 5 di Bali  sejak 2005  ini, juga menyampaikan bahwa koperasi ini nantinya menjadi yang pertama di PasBar yang fokus untuk penggerak Investasi berkelanjutan.

 

“ Saya berharap, dengan berdirinya KSU ASIAINDO ini, dapat menjadi sumber dan gerbang Investor di Pasaman Barat,  dimulai dari Ranah Batahan sebagai pilot project atau percontohan  dalam berbagai sektor usaha dan investasi, “ ucap Borkat Lubis yang juga pendiri  Rantobaek Mikro di Mandailing Natal yang didirikan sejak 2011. (y.prsla/i)

 


























 


×
Berita Terbaru Update