-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kwarcab Pramuka Pasbar Ikuti JOTA ke-84 dan JOTI ke-42

Sabtu, 16 Oktober 2021 | Sabtu, Oktober 16, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-16T23:37:57Z
iklan
 Melalui Jota-Joti diharapkan generasi muda mampu berkomunikasi dengan sesama anggota Pramuka


Pasbar, samartsumbar.com — Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka 0317 Kabupaten Pasaman Barat mengikuti Jambore On The Air (JOTA) ke 84 dan Jambore On the Internet (JOTI) ke 42 tahun 2021 dengan tema "melalui Jota-Joti diharapkan generasi muda mampu berkomunikasi dengan sesama anggota Pramuka". Kegiatan JOTA JOTI akan berlangsung selama tiga hari mulai 15-17 Oktober 2021.


Hadir dalam kegiatan tahunan tersebut Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka 0317 Pasaman Barat, Hamsuardi didampingi oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka 0317 Pasaman Barat Risnawanto, serta pengurus pramuka Pasaman Barat lainnya.


JOTA dan JOTI adalah kegiatan yang memberikan kesempatan bagi Pramuka di seluruh dunia untuk berkumpul walaupun berada di lokasi geografis yang berbeda-beda. Kegiatan JOTA JOTI ini merupakan kerjasama dengan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI). Untuk di Kabupaten Pasaman Barat sendiri dipimpin oleh Hendrizon.


Dalam kegiatan JOTA, peserta menggunakan Radio Amatir dan untuk kegiatan JOTI peserta dapat menggunakan Internet.


Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka 0317 Pasaman Barat, Hamsuardi mengatakan jika dahulu jambore pramuka hanya digelar di lapangan saja, seperti di bumi perkemahan. Saat ini sudah berubah menjadi lebih luas dan lebih banyak jangkauan melalui jaringan baik itu Orari maupun melalui internet.


“Jika saat ini Bupati dan Wakil Bupati baru bergelar sarjana. Kedepan diharapkan saudara-saudara harus bisa lebih dari kami, paling tidak bergelar doktor. Karena mau tidak mau estapet kepemimpinan ini akan saudara lanjutkan. Pramuka adalah sebagai langkah awal bagi saudara untuk terus menggali potensi diri, dan meningkatkannya agar mampu bersaing di dunia nasional dan internasional,”kata Kamabicab 0317, Hamsuardi.


Ia menambahkan, sebagai anggota pramuka diharapkan mampu terdepan dalam kegiatan apapun. Mampu terdepan dalam kegiatan sosial, bencana dan mampu bekerjasama dengan pemerintah dalam mensukseskan program pemerintah.


“Salah satunya saat ini kita menghadapi pandemi Covid 19. Upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengurangi penyebaran covid 19 tersebut dengan vaksinasi. Di sinilah peran anggota pramuka di harapkan. Mampu mengajak masyarakat dan orang terdekat untuk melakukan vaksinasi,” ujarnya.


Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka 0317 Pasaman Barat Risnawant mengatakan, Praja Muda Karana (Pramuka), yang memiliki jiwa muda suka berkarya diharapkan mampu berkomunikasi dengan baik. Salah satu kesempatan yang diberikan adalah bisa berkomunikasi dengan baik dengan teman-teman pramuka seluruh Indonesia bahkan internasional.


“Kita juga ingin di pramuka ini memiliki program kerja yang jelas dan mampu mensinkronkan dengan program kerja pemerintah dengan tujuan yang sama yakni untuk pembangunan. Pramuka harus mampu tampil dengan energi positif di tengan masyarakat,”kata Risnawanti.


Randy Hendrawan Wakil Ketua Bidang Humas dan Informatika sekaligus sebagai ketua panitia mengatakan jika kegiatan tersebut diikuti dengan tujuan agar para anggota pramuka Pasaman Barat mampu menggukan internet dan jaringan Orari untuk berkomunikasi dan berbagi cerita dengan anggota pramuka di seluruh dunia. ****dkf pb/i
iklan
×
Berita Terbaru Update