-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Peran Kaum Perempuan Millenial dalam Dunia Politik

Senin, 18 Oktober 2021 | Senin, Oktober 18, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-18T06:17:36Z
iklan

 OPINI

 Oleh : Nursaini 

(Peserta SKPP perwakilan dari Pasaman Barat tahun 2021)


Kesetaraan gender menjadi satu landasan dasar bagi penulis dalam menyikapi persoalan peranan dan eksistensi perempuan di bidang perpolitikan. Di awali sejumlah prinsip dengan perspektif feminis, maka adalah suatu kewajaran mutlak bagi setiap orang untuk bebas berekspresi tanpa secelah pun dibatasi oleh perbedaan jenis kelamin atau sikap diskriminatif atas alasan problematika kesetaraan. Oleh karenanya kebebasan hak individu dalam segala hal mesti dijaga dengan konsisten oleh negara. Melalui corak bernalar yang feminis, maka asumsi utama untuk mengungkapkan hak perempuan dalam berpolitik adalah kesadaran akan kesetaraan dan hak kebebasan sebagai status ontologi asasi kemanusiaan. Secara tidak langsung, penulis tegaskan bahwa keadilan dari sudut pandang feminisme adalah menyuarakan kesamaan hak antara laki-laki dan perempuan.


Seperti penjelasan sebelumnya bahwa perempuan memiliki hak untuk berpartisipasi di bidang politik, terutama perempuan-perempuan millenial yang mesti diberi peran. Alasan mengapa kondisi saat sekarang sangat urgen menghubungkan peranan generasi millenial (perempuan) dengan politik adalah karena dapat sama-sama kita lihat dan rasakan sebagian besar perempuan millenial lebih cenderung asyik dengan media sosial sehingga minimnya inisiatif menciptakan pergerakan yang nyata, kesadaran sosial kontrol, dan berkarya dengan kreativitas. Terlibatnya generasi milenial dari kalangan perempuan dalam pengawasan pemilihan umum untuk pemilu serentak tahun 2024 mendatang merupakan salah satu cara menciptakan inisiatif pergerakan nyata itu sendiri, sekaligus sebagai upaya memanifestasikan kebebasan hak bersuara dan berpolitik oleh siapa pun. Sebagaimana tercantum dalam UUD 1945 pasal 28 E ayat 3 berbunyi, “Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat”. Serta pada pasal 28 G ayat 2 yaitu kebebasan memperoleh suaka politik.


Sebagai warga negara, kita memiliki hak yang sama tanpa ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan untuk turut andil dalam hal apa pun termasuk politik. Maka dari itu diperlukan gerakan yang membangkitkan kesadaran publik akan pentingnya praktik politik berbasis keadilan gender. Kesadaran persepsi publik bahwa perempuan adalah makhluk domestik yang tidak cocok dengan dunia politik mutlak harus diakhiri. Perempuan tentunya mesti tampil eksis, serta mampu memproduksi kebijakan-kebijakan yang berbasiskan pada pengalaman dan kebutuhan perempuan.


Peran kaum perempuan milenial dalam dinamika pemilu tentunya tidak sebatas pendukung ataupun sebatas unsur estetis politis. Selain itu, ada peran penting yaitu pada aspek etis tata tertib pemilu. Nilai etis tersebut mencakupi tanggung jawab perempuan milenial dalam berkontribusi pada alur pemilu misalnya bertugas di bidang kepengawasan. Kemudian, sebagai bentuk edukasi agar memahami esensi demokrasi dan pentingnya pemilu sebagai salah satu sarana untuk membangun masa depan Indonesia yang adil, sejahtera dan demokratis. Sehingga mekanisme pemilihan dapat dilakukan secara tertib. Proses pemilu terkesan menjadi tanggung jawab bersama tanpa dicekoki oleh unsur-unsur pembedaan, termasuk unsur provokatif.


Berdasarkan penjabaran tersebut, maka peran perempuan millenial  sangat urgen  dalam kancah perpolitikan di Indonesia,  termasuk proses  pemilu di Pasaman Barat. Hal ini tidak sekedar menyuarakan kesetaraan  status sosial antara  perempuan dan laki-laki, namun juga sebagai aspek edukasi terhadap kita bersama dalam mewujudkan  pemilihan yang  LUBER dan JURDIL . Oleh sebab itu menjadi tanggung jawab bersama bagi kita selain melindungi hak individu untuk berpartisipasi dalam politik, juga berperan aktif menjaga agar pelaksanaan pemilihan serentak mendatang bisa berjalan dengan baik dan berintegritas untuk mewujudkan Pemilu yang bermartabat. ****

iklan
×
Berita Terbaru Update