-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Magrib Mengaji dan Tahfidzul Qur'an, Perioritas Pemda Pasaman Barat

Sabtu, 21 Mei 2022 | Sabtu, Mei 21, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-21T14:39:35Z
iklan

 Bupati, Hadiri Wisuda Tahfiz Al-Qur'an Santri Darul Hikmah

Pasaman Barat, smartsumbar.com -  Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi ingatkan, kegiatan magrib mengajim dan tahfiz Al-Qur'an, dijadikan program perioritas pemerintah daerah Pasaman Barat, selanjutnya dilestarikan di setiap kecamatan hingga ke kejorongan.


Tahun 2026 ke depan, katanya, tingkat kemauan dan kemampuan warga Pasaman Barat untuk membaca, mengerti dan memahami Al-Qur'an akan mencapai 30 persen. Jika harapan ini terwujud dan jadi kenyataan di tengah masyarakat, berarti Pasaman Barat akan melahirkan generasi Qurani.


Penjelasan sekaligus harapan ini disampaikan Bupati, Hamsuardi, pada acara wisuda Tahfiz Al-Qur'an lembaga pendidikan Yayasan Darul Hikmah Pasaman Barat di auditorium kampus STIE-STIH Yaappas Pasaman Barat, Ophir, Kecamatan Luhak Nan Duo, Sabtu, 21 Mei 2022.


Ditingkat kecamatan, ulas Hamsuardi, khusus program Tahfiz Al-Qur'an, melalui camat, walinagari dan jorong, menugaskan tiga orang warga secara bergantian melestarikan gerakan membaca Al-Qur'an. Jika tiga orang perminggu membaca Al-Qur'an, dan digilirkan kepada warga yang lain, berarti pada setiap bulan di Jorong bersangkutan bisa khatam sebanyak tiga juz.


Seiring hal itu, kata bupati, pihaknya minta dukungan, kerjasama dan koordinasi dengan semua pihak, termasuk jajaran Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat hingga pihak Kantor Urusan Agama (KUA) di tingkat kecamatan.


160 Orang Diwisuda


Hari ini, Sabtu, 21 Mei 2022 sebanyak 160 orang santri Pondok Pesantren (Ponpes) tingkat SD, SMP dan SMA di lingkungan Yayasan Darul Hikmah Pasaman Barat diwisuda di auditorium kampus STIE-STIH Yaappas Pasaman Barat, Ophir, Kecamatan Luhak Nan Duo.


Dari sejumlah santri yang diwisuda, dan dihadiri Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi, dan ikut menyampaikan sambutan secara virtual Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Pasaman Barat, Dalius K, Kapolres, diwakili Kabag Operasi, Ketua Komite Pendidikan Wilayah Pasaman Barat dan Kabupaten Pasaman, dan undangan.


Ketua Yayasan Darul Hikmah, Muhajir, pada kesempatan itu menyampaikan, dari laporan disampaikan kepala masing-masing lembaga pendidikan, santri atau siswa yang diwisuda Tahfidzul Qur'an secara bersama saat ini sebanyak,160 orang dari tiga lembaga pendidikan di lingkungan Yayasan Darul Hikmah Pasaman Barat.


Dari sejumlah santri yang diwisuda di auditorium kampus STIE-STIH Yaappas Pasaman Barat, Ophir, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo ini, 42 orang di antaranya tingkat SD yang berlokasi di Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, 58 tingkat SMP di Simpang Tiga Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo, dan 60 orang lagi santri tingkat SMA di Ujung Tanah, Air Gadang, Kecamatan Pasaman, tambah Muhajir lagi, mengakhiri. (gz/irz)

iklan
×
Berita Terbaru Update