-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kwarpus dan Kwarwil Sumatera Barat, Monev di Kawasan Padangpanjang

Selasa, 30 Agustus 2022 | Selasa, Agustus 30, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-30T12:59:31Z
iklan

Rombongan Kwarpus dan Kwarwil saat berada di Kauman 



Pasaman Barat, smartsumbar.com - Tim Kwartir Pusat (Kwarpus) bersama Kwartir Wilayah Hizbul Wathan (Kwarwil HW) Sumatera Barat, Senin, 29 Agustus 2022 kemarin, mengunjungi Pondok Pesanetren Muhammadiyah Kauman, Padangpanjang. Kunjungan itu, dalam rangka monitoring dan evaluasi (monev).


Kunjungan Kwartir HW Pusat, dipimpin Ketua Kwarpus,. Endri Widyo, didampingi Ketua Kwarwil Sumatera Barat, Apris, dan rombongan, Senin kemarin,, disambut kepala sekolah dengan kepala madrasah, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Padangpanjang Batipuh X Koto (Pabasko), Amiruddin.


"Ponpes Kauman Muhammdiyah Padangpanjang, siap menjadi pusat pembdinaan dan pengembangan organisasi kepanduan Hizbul Wathan Muhammadiyah di Sumatera Barat," kata Pimpinan Ponpes (Mudir) Muhammadiyah setempat, Derliana, pada kunjungan Monev Kwarpus bersama Kwarwil HW dengan rombongan di komplek lembaga pendidikan yang dikelola Muhammadiyah itu.


Menurutnya Derliana, juga kepala Madrasah Aliyah Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2016 itu, Ponpes Kauman mempunyai potensi yang memamdai untuk hidup subur dan berkembangnya kepanduan HW Muhammadiyah tersebut di daerahnya. Kwantitas dan kwalitas santri yang memadai, jumlah dan semangat guru pelatih, dan pembina serta dukungan penuh dari PDM.


Sementara itu, Ketua Kwarwil HW Sumatera Barat, Apris menyebut, kunjungan ke Pondok Pesantren Kaumanan itu sengaja dilakukan dalam rangka monitoring dan evalusi serta pembinaan, terhadap qabilah-qabilah HW yang ada di sekolah sekolah Muhammadiyah, dan di Komplek Kauman ini.


Diuraikan Apris, ada lima qabilah HW yang berada di komplek perguruan Muhammadiyah Kauman Padangpanjang, yaitu qabilah HW tingkat Madrasah Aliyah (MA), SMA, Tsanawiyah, SMP dan qabilah SD, sekaligus juga pembiaan terhadap Kwarcab dan Kwarda HW Kota Padangpanjang.


Apris, menambahkan, sebelumnya kegiatan yang sama juga telah dilakukan ke Pondok Pesantren Muallimin Muhammadiyah Sawah Dangka, Kota Bukittinggi, pada akhir Juli 2022 lalu yang juga dihadiri oleh ketua Kwarpus HW.


Direncanakan, bulan depan, imbuhnya, akan dilanjutkan kunjungan monev ini ke Pondok Pesantren Al Kautsar Tanjung Pati Kabupaten Limapuluh Kota dengan juga menghadirkan sekolah sekolah Muhammadiyah yang ada bersama ketua PDM.


Ketua Kwartir HW Pusat, Endri Widyo, kunjungan Monev itu, juga sarana memberikan arahan, pembinaan HW itu sangat diperlukan di lembaga pendidikan, untuk memperkuat pembinaan dalam pembentukan karakter dan watak anak didik, melalui kegiatan ekstra kurikuler di luar kelas dan alam terbuka, yang penekanannya nilai kejujuran, keikhlasan, kemandirian dan kesetiakawanan serta nilai akhlakul karimah lainnya.


Dijelaskan, sejarah dan biografi Panglima Besar Jendral Sudirman wajib di baca oleh setiap anggota HW, karena kehidupannya sebagai kader HW penuh dengan nilai keteladanan.


Ketua PDM Pabasko, Amiruddin, merasa senang dan berterima kasih atas kunjunagan Pimpinan HW ke daerahnya, dan berjanji akan memberikan dukungan perhatian penuh. selalin itu juga hadir kepala SMA Muhammadiyah, Rusmaida, Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs), Yuliar, Kepala SMP Muhammadiyah, Hendri dan Kepala SD Muhammadiyah, serta pengurus Kwarda HW Kota Padangpanjng yang diketuai Ramanda Yuheldi. (gmz)




iklan
×
Berita Terbaru Update