-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Selama MTQ, Siswa SD dan SMP Belajar di Lokasi Lomba

Selasa, 20 September 2022 | Selasa, September 20, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-20T08:00:52Z
iklan

HENDRA PUTRA


Pasaman Barat, smartsumbar.com - Guna memeriahkan penyelenggaraan MTQ (Musyabaqah Tilawatil Qur'an) Nasional ke-11 Pasaman Barat. Selama kegiatan berlangsung proses belajar mengajar (PBM) siswa SD dan SMP di Kecamatan Parit Koto Balingka, dialihkan dari ruang kelas ke setiap lokasi lomba.


Pelaksanaan MTQ ke-11 tingkat Kabupaten Pasaman Barat dan akan dilaksanakan di akhir Oktober 2022, dilaksanakan di Kecamatan Parit Koto Balingka. MTQ giliran terakhir pada putaran pertama se Pasaman Barat diikuti kafilah dari 11 kecamatan yang ada di kabupaten pemekaran dari Kabupaten Pasaman, 7 Januari 2004 atau 18 tahun lalu.


Selain Kecamatan Parit Koto Balingka, sebagai tuan rumah pada pelaksanaan MTQ XI tahun 2022. 10 kecamatan lain se Pasaman Barat adalah, Kecamatan Kinali, Luhak Nan Duo, Sasak Ranah Pasisir, Talamau, Gunung Tuleh, Sungai Aur, Lembah Melintang, Sungai Beremas, dan Kecamatan Ranah Batahan.


Sebagai bentuk komitmen bersama, Dinas Pendidikan Pasaman Barat, melalui lembaga pendidikan tingkat SD dan SMP di wilayah Kecamatan Parit Koto Balingka, proses pembelajaran bagi siswa masing-masing akan mengalihkan dari lokal bersangkutan ke lokasi lomba.


Pada pelaksanaan MTQ tahun ini, jelas Hendra Putra, lomba yang akan dilaksanakan sebanyak 11 cabang di 13 titik lokasi. Agar efektif dan efisiennya proses belajar lapangan selama MTQ dilaksanakan, pihaknya minta kepada kepala atau Koordinator Wilayah Kecamatan (Korwilcam) Pendidikan Kecamatan Parit Koto Balingka berkoordinasi dengan setiap kepala sekolah, menyusun daftar piket (belajar lapangan) bagi masing-masing sekolah, dan dilaksanakan secara bergilir, sesuai nama sekolah dan lokasi lomba yang dikunjungi.


“Kegiatan MTQ saat ini, istimewa karena bisa berjalan secara langsung dan peserta cukup banyak. Artinya  antusiasme yang tinggi dari seluruh elemen pendidikan di acara ini,” kata Sekretaris Daerah Pasaman Barat, Hendra Putra, 


Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Parit Koto Balingka, Syahril, secara terpisah, menyampaikan, selain mesjid dan mimbar utama (lapangan hijau Nagari Parit), lomba yang akan ditampilkan selama MTQ juga ditempatkan di beberapa bangunan sekolah, seperti SMP Negeri 1 Parit, dan beberapa SD yang ada di kawasan pelaksanaan MTQ. (gmz)

 

iklan
×
Berita Terbaru Update