-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Rombongan BWI Sawahlunto, Studi Tiru ke Dua Lokasi di Pasaman Barat

Selasa, 04 Oktober 2022 | Selasa, Oktober 04, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-03T17:47:40Z
iklan

Rombongan BWI Sawahlunto Saat di Pasaman Barat 


Pasaman Barat, smartsumbar.com - Rombongan BWI (Badan Wakaf Indonesia) Kota Sawahlunto, yang dipimpin Kepala Kantor Kementerian Agama setempat, Dedi Wandra, Senin (3/10) siang hingga sore melaksanakan studi tiru penatakelolaan wakaf produktif di dua lokasi pada kecamatan berbeda di Pasaman Barat.


Kunjungan studi tiru rombongan dari Kota Wisata Tambang di Pasaman Barat, diterima sekaligus didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur, diiringi Kasubbag Tata Usaha, Sufrinas, Kasi Bimas (Bimbingan Masyarakat) Islam, Ronaldi, Penyelenggara Zakat Wakaf, Asriwan, dan Tim  Humas, Gusmizar dengan Edisman.


Dua lokasi tujuan studi tiru rombongan BWI Kota Sawahlunto, diikuti ketua bersama pengurus BWI, forum Nazir, bersama beberapa pejabat dan Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW) di Kota Wisata Tambang itu adalah, Badan Wakaf PC (Pimpinan Cabang) Muhamadiyah Kinali di komplek Ponpes (Pondok Pesanetren) Terpadu Muhammadiyah Alamanda, Kecamatan Kinali.


 Lokasi kedua di Desa Sadar Kerukunan Kampung II Mahakarya, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo. Pertemuan Tim BWI Kota Sawahlunto dengan pengurus, pengelolaan dan petugas UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Kampung II Mahakarya, dilaksanakan di ruang belajar Madrasah Aliyah (MA) Al-Madani, salah satu amal usaha yang dikelola dari dana wakaf masyarakat setempat.


Dari kunjungan pertama di PC Muhammadiyah Kinali, rombongan sampai sekitar pukul 12.15 Wib, dan tidak berapa lama kemudian, rombongan melaksanakan shalat zhuhur di mesjid, komplek Ponpes Terpadu Muhamadiyah Alamanda. Usai shalat, rombongan disuguhi makan siang, dan selanjutnya mengikuti acara ramah tamah dan silaturahmi, sekaligus ekspos dari Ketua PC Muhammadiyah Kinali, Kusnan, sekaitan tata kelola tanah (benda) wakaf yang mereka, selanjutnya dimanfaatkan secara maksimal.


Sebelum Ketua PC Muhammadiyah Kinali, Kusnan, menyampaikan ekposnya,  masing-masing pihak menyampaikan kata sambutan, seperti dari Ketua Pimpinan Daerah Muhamadiyah Pasaman Barat, Ronaldi, Ketua BWI Pasaman Barat, Ketua BWI Sawahlunto, Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur, dan Kepala Kantor Kementerian Agama Sawahlunto, Dedi Wandra.


Setelah Ketua PC Muhamadiyah Kinali, menyampaikan ekposnya sekaita tata pengelolaan harta wakaf di wilayah kerjanya. Dilanjutkan dengan diskusi dan saling tukar informasi antara kedua pihak. Menurut, Kusnan, agar wakaf produktif berhasil seperti diharapkan, harus ada komitmen bersama untuk mengelola tanah wakaf, sesuai fungsi dan pemanfaatannya.


Setelah ekspos dari Ketua PC Muhammadiyah Kinali berakhir dan saling berbagi informasi dan pengalaman untuk penatakelolaan wakaf berakhir, selanjutnya melaksanakan shalat Azhar . Rombongan yang diiringi kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, diwakili Kasi Bimas Islam, Ronaldi, rombongan menuju Kampung II Mahakarya.


Sesampai di Kampung II Mahakarya, rombongan yang dipandu Ketua Pengelola Wakaf setempat, Suratno, bersama anggota, rombongan meninjau lokasi tanah wakaf, yang diatasnya dibangun gedung sarang burung walet. Bangunan di atas tanah yang dibeli pengurus UPZ Kampung II Mahakarya, tanggal 29 Januari 2022 lalu dibangun gedung sarang burung walet.


Usai meninjau tanah berikut bangunan gedung sarang walet, rombongan mengikuti kegiatan temu ramah bersama ketua bersama pengurus UPZ sebagai pengelola wakaf di Kampung II Mahakarya di MA Al-Madani, komplek Mesjid Nurul Iman Kampung II Mahakarya, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo itu (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update