-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Walau Hujan. Pembukaan MTQ Pasaman Barat Sukses

Selasa, 22 November 2022 | Selasa, November 22, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-22T23:30:59Z
iklan

Pembukaan MTQ Pasaman Barat di Parit 



Pasaman Barat,. smartsumbar.com -   Kendati diguyur hujan,  teriring komitmen dan tanggungjawab bersama,  akhirnya sekitar pukul 10.00 Wib, Selasa (22/11) Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi, meresmikan dimulainya Musyabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional XI Kabupaten Pasaman Barat di Parit Koto Balingka, tahun 2022.


Pembukaan MTQ yang ditandai dengan pemukulan tabuh secara bersama, diiringi Wakil Bupati, Risnawato, Sekretaris Daerah (Sekda), Hendra Putra, Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur,  Ketua Pengadilan Agama Talu Pasaman Barat, diwakili Sekretaris/Panitera, Nurmatias, ketua dengan pengurus  Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ), para camat, kepala Kantor Urusan Agama (KUA) se Pasaman Barat, dan undangan.


Ketua pelaksana MTQ, Bahrul Ilmi, sekaligus camat setempat, menyampaikan, Alhamdulillah, mulai Senin (21/11), dari pagi hingga sore kemarin, 540 orang peserta dari 11 kecamatan se Pasaman Barat, berkumpul di Parit Koto Balingka, sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten saa ini.


Bupati, Hamsuardi, saat membuka pelaksanaan MTQ, menyampaikan, walau cuaca ekstrim masih melanda, malah pada penyelenggaraan MTQ hari ini (Selasa-red) diguyur hujan,. Dengan mengucapkan kalimat  Bismillahirrahmanirrahim seraya mengharap Rahmat dan Ridha Allah Swt, MTQ (Musyabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional XI Kabupaten Pasaman Barat, Selasa (22/11) di lapangan, komplek kantor camat, Kecamatan Parit Koto Balingka, dimulai.n


MTQ terakhir untuk gelombang pertama tingkat Pasaman Barat, diikuti kafilah dari 11 kecamatan, mulai dari Kecamatan Kinali, Luhak Nan Duo, Sasak Ranah Pasisir, Talamau, Pasaman, Gunung Tuleh, Sungai Aur, Lembah Melintang, Sungai Beremas, Ranah Batahan, dan Kecamatan Parit Koto Balingka, selaku tuan rumah.


Membumikan ayat-ayat Al-Qur'an di tengah masyarakat, yang diiringi pemberdayaan program magrib mengaji, dan menggalakkan program tahfiz Al-Qur'an, bukan saja sebatas agenda pemerintah daerah. Membumikan ayat-ayat Al-Qur'an dan program magrib mengaji adalah agenda perioritas, dan ditindaklanjuti setiap warga di tengah masyarakat.

 

MTQ terakhir untuk gelombang pertama, semenjak Pasaman Barat dimekarkan dari Kabupaten Pasaman, tanggal 7 Januari 2004 lalu. Peda pelaksanaan MTQ pertama untuk gelombang dua, atau urutan XII di tahun 2024 mendatang, yang akan menjadi tuan rumahnya adalah Kecamatan Pasaman.


Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur, pada kesempatan itu menyampaikan,  Kementerian Agama, sebagai instansi pemerintah vertikal dan berada di Pasaman Barat, merasa berkewajiban mendukung lancar dan suksesnya pelaksanaan MTQ  Nasional tingkat Pasaman Barat selama empat hari ke depan.


Kepala KUA Kecamatan Parit Koto Balingka, Syahril, menjelaskan, pada pelaksanaan MTQ Nasional tingkat Pasaman Barat di Parit, tahun ini, serangkaian kegiatan atau lomba, dilaksanakan 13 titik lokasi (Tilok),: sesuai cabang dan golongan yang ditampilkan selama MTQ dilaksanakan

 

Berikut Tilok setiap cabang lomba yang dilaksanakan selama berlangsungnya MTQ XI Tahun 2022, yaitu. Satu. Mimbar utama di lapangan hijau, komplek kantor camat, untuk cabang  tilawah dewasa dan , bintang qasidah (dewasa, remaja dan anak-anak), Dua Musholla Al-Falah Jorong Parit, untuk cabang kitab standar.


Tiga. .Masjid Al-Ikhlas Jorong Parit, untuk cabang tilawah remaja, Empat. Masjid Jami' Nurul Iman Jorong Sigalangan, untuk cabang tilawah anak-anak dan TK), Lima. Aula kantor Badan Musyawarah (Bamus) Nagari Parit, untuk cabang syahril qur'an, Enam. Masjid Raya Nurul Iman, Jorong Pemukiman Baru I, untuk cabang khotbah jum'at.


Tujuh. Masjid Istiqomah Jorong Limau Saring, cabang hifzil Qur'an 20 juz non tilawah, Delapan. Masjid Al- Istiqomah Jorong Batang Lapu, cabang hifzil 1Juz dan 5 Juz Tilawah), Sembilan. Masjid Al-Ikhlas Jorong Batang  Lapu, cabang, Hifzil 1 Juz,5 Juz dan 10 Musholla Baitul Amal Jorong Parit, cabang tartil dasar menengah dan umum), 11.SD Negeri 02 Koto Balingka,, cabang khattil qur'an, 12 .SD.N 11 Koto Balingka, cabang Fahmil Qur'an), 13. .SMP.N 1 Parit Koto Balingka, cabang musabaqoh Makalah Ilmu Al-Qur’an( (M2IQ),


Pada MTQ XI di Parit yang akan berakhir hari Jumat, 26 November 2022, diikuti 549 peserta, dari 11 kecamatan se Pasaman Barat, yaitu 49 orang dari Kecamatan Kinali, 38 Luhak Nan Duo, 47 Kecamatan Talamau, 52 Sasak Ranah Pasisir, dan 53 dari Kecamatan Pasaman, 56 orang dari Gunung Tuleh, 46 dari Sungai Aur, 52 dari Kecamatan Lembah Melintang, 58 orang sekaligus sebagai tuan rumah, 51 orang dari Ranah Batahan, dan sebanyak 48 orang dari Kecamatan Sungai Beremas, jelas Syahril, mengakhiri. ,(gmz)


iklan
×
Berita Terbaru Update