-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Warga Mansakti, Ikuti Skrining Deteksi Dini PTM di Madrasahnya

Selasa, 22 November 2022 | Selasa, November 22, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-22T23:30:47Z
iklan

Warga Mansakti, Ikuti Skrining Deteksi Dini PTM 



Selatpanjang, smartsumbar..com - Warga Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, bekerjasama dengan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti, dan tim dari UPT Puskesmas Alah Air,   Selasa (22/11) mengikuti skrining deteksi dini PTM (Penyakit Tidak Menular) di ruang pertemuan madrasah negeri itu, Selatpanjang.


Kepala Mansakti, Yani, sapaan akrab dari Nuryaningsih, melalui akun Facebook (FB)-nya dari Slatpanjang, Selasa siang menjelaskan, guna melakukan deteksi dini terhadap perkembangan penyakit yang tidak menular, khususnya di lingkungan Mansakti, Selatpanjang, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan tim kesehatan dari UPT Puskesmas Alah Air, melakukan skrining deteksi dini PTM bagi warga madrasah.


Untuk melakukan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko penyakit tidak menular terhadap seseorang, secara kasar bisa dilihat dengan aksi merokok, mengonsumsi pola makan tidak sehat, dan kurangnya aktivitas fisik. Hal itu, akan terpantau pada setiap harinya bagi siapa saja orangnya yang diduga mengindap penyakit tidak menular dari dalam tubuh yang bersangkutan.


“Kami melakukan penggalian informasi tentang riwayat sakit atau penyakit, jika ada warga masyarakat, khususnya siswa atau warga madrasah di Mansakti terdeteksi mengindap penyakit menular dan penyakit tidak menular. Guna mengetahui kondisi yang ada, pihaknya bersama Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti, dan tim kesehatan dari UPT Puskesmas melakukan skrining PTM bagi warga bersama siswa madrasah di lembaga pendidikan yang dipimpinnya", ulas Yani.


Atas nama pribadi dan keluarga besar Mansakti, ulas Yani, pihaknya tentu, menyambut baik program ini. Pihaknya tentu juga  berharap dengan program ini siswa dapat hidup lebih sehat. “Dengan adanya skrining Penyakit Tidak Menular, harapan kami kesehatan siswa akan terpantau sejak dini, sehingga berpartisipasi terhadap penyakit tidak menular bisa segera diantisipasi," ungkapnya.


Dalam kegiatan ini juga dilakukan pengukuran tin   ggi badan, berat badan, lingkar perut, tensi, dan gula darah. Program dari UPT Puskesmas 1 Semanu juga disampaikan dalam kegiatan ini. Tim dari Puskesmas menjelaskan tentang kesehatan remaja dan HIV sebagai salah satu jenis penyakit menular, dan harus disikapi secara bersama. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update