-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kedatangan Utusan LGBT AS Untuk Indonesia, Menuai Protes

Minggu, 04 Desember 2022 | Minggu, Desember 04, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-03T23:02:05Z
iklan
LGBT, dengan Komunitasnya 



Jakarta, smartsumbar.com - Rencana kedatangan utusan LGBT  (Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender) untuk Indonesia, menuai perdebatan (kontroversi). Dalam akun media sosial BBC yang dilanjutkan potretkita.net, Sabtu (3/12) kemarin, diuraikan, Indonesia dijadikan salah satu tujuan kunjungan LGBT dari Amerika Serikat (AS).


Ricky Iskandar Tansari melalui akun Facebook BBC, kedatangan utusan khusus Amerika Serikat untuk LGBT ke Indonesia hanya akan memicu kegaduhan. Informasi terakhir dari Kedutaan Besar (Kedubes) AS di Jakarta mengabarkan, negaranya pembatalan rencana kunjungan utusan LGBT untuk Indonesia.


Sekretaris Umum PP (Pimpinan Pusat) Muhammadiyah, Prof. Abdul Mu'ti, mengatakan, rencana kunjungan Jessica Stern, selaku utusan khusus negara AS untuk Indonesia, hanya akan menimbulkan kontroversi, perdebatan yang pada akhirnya timbul masalah sosial, keagamaan, dan politik di Indonesia.


LGBTQIA+, adalah ancaman generasi muda, termasuk para siswa. "Mari secara bersama bentengi negeri dar penularan virus yang membahayakan sikap, moral dan kepribadian anak bangsa. LGBT, dan Narkoba picu masalah sosial. Maka bijaklah
memilah pergaulan.
Orangtua diminta agar meningkatkan peran pengawasan, bimbingan dan perlindungan kepada generasi penerusnya", katanya.


LGBTQIA+ plus adalah singkatan dari Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender, Queer, Intersex. Tanda + mewakili orang yang tidak mengidentifikasi sebagai pria atau wanita, atau gender/orientasi seksual, atau identitas tertentu dan lain sebagainya.


“Dalam situasi sekarang ini, kunjungan Jessica Stern sudah pasti akan menimbulkan kegaduhan dan potensi perpecahan kelompok yang pro dan kontra terhadap LGBT. Kalau alasannya adalah untuk membela HAM, sebenarnya ada masalah HAM yang sudah jelas-jelas terjadi di Palestina. Tetapi Amerika Serikat hanya diam seribu bahasa,” tegas Mu’ti.


Menurutnya, perilaku LGBT jelas bertentangan dengan ajaran agama Islam dan Pancasila. Mayoritas bangsa Indonesia, ujarnya, beragama Islam. Sila pertama Pancasila Ketuhanan Yang Maha Esa tegas menunjukkan,  Indonesia adalah bangsa yang religius.


Dalam konteks tersebut, lanjut Mu’ti, Stern dan pemerintah Amerika Serikat hendaknya menghormati Indonesia sebagai negara yang berdaulat, dengan tidak memaksakan nilai-nilai yang bertentangan dengan moral dan kepribadian luhur bangsa Indonesia.


“Pemerintah Indonesia memiliki hubungan diplomatik dan bilateral yang baik dengan Amerika Serikat. Akan tetapi, demi kepentingan politik di dalam negeri, terutama untuk menjaga persatuan bangsa, pemerintah melalui kementerian luar negeri dapat menyampaikan keberatan dengan kehadiran Jessica Stern ke Indonesia,” jelas Mu’ti, sebagaimana dirilis muhammadiyah.or.id; laman resmi Pimpinan Pusat Muhammadiyah.


Dalam situasi dimana pemerintah Indonesia berusaha memulihkan ekonomi yang sulit akibat covid-19 dan memasuki tahun politik 2024, bangsa Indonesia memerlukan situasi politik dalam negeri yang kondusif. Berbagai hal yang berpotensi menimbulkan polarisasi dan perpecahan di masyarakat harus dihindari.


“Ormas Islam mendukung sikap dan program pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat untuk perlindungan dan pemberdayaan perempuan di Afghanistan. Tetapi dalam hal LGBT umat Islam sudah jelas menolak. Pemerintah Amerika Serikat hendaknya memahami psikologi dan pandangan umat Islam Indonesia terhadap LGBT,” imbuhnya.


Dia berharap agar jangan sampai hubungan dan kerjasama yang selama ini sudah terbangun antara masyarakat Indonesia dan Amerika Serikat dalam bidang pendidikan, kebudayaan, dan kemanusiaan yang terjalin dengan baik menjadi rusak akibat kunjungan Stern ke Indonesia.


Sementara itu, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Sung Kim memastikan rencana kunjungan Stern ini dibatalkan, namun tetap berharap kedua negara dapat melanjutkan dialog mengenai diskriminasi terhadap kelompok 


"Setelah berdiskusi dengan rekan-rekan kami di Pemerintah Indonesia, kami telah memutuskan untuk membatalkan Kunjungan Utusan Khusus Stern ke Indonesia," kata Kim dalam pernyataan tertulis, sebagaimana dirilis kumparan.com, yang diakses dan dikutip pada Sabtu (3/12) pagi.


Sebelumnya Kedutaan Besar AS di Jakartya mengabarkan, Stern akan berkunjung ke Jakarta pada 7-9 Desember 2022, setgelah melakukan lawatnan ke Vietnam dan beberapa negara lainnya. Informasi itu memicu reaksi penolakan dari berbagai elemen masyarakat Indonesia. (gmz)
iklan
×
Berita Terbaru Update