-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Ponpes Mu'allim Tamiang, Studi Tiru ke Kauman Muhammadiyah Padangpanjang

Kamis, 09 Februari 2023 | Kamis, Februari 09, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-09T09:06:25Z
iklan
Ponpes Muhammadiyah Kauman Padangpanjang 



Pasaman Barat, smartsumbar.com - Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Mu'allim Muhammadiyah Tamiang Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat, Kamis (9/2) melaksanakan studi tiru ke Ponpes Muhammadiyah Kauman Padangpanjang.


Kunjungan pengelola Ponpes Mu'allim Muhammadiyah Tamiang Ujung Gading ke Kota Serambi Mekkah itu, didampingi Ketua PC (Pimpinan Cabang) Muhammadiyah Tamiang Ujung Gading, Irham. Di Padangpanjang, rombongan dari Tamiang Ujung Gading, diterima Mudir (Pimpinan Ponpes) Muhammadiyah Kauman Padangpanjang, Derliana bersama pengasuh dan unsur pengurus yang lain.


Ketua PC Muhammadiyah Tamiang Ujung Gading, Irham, menyampaikan, Ponpes Muhammadiyah Kauman Padangpanjang, bukan saja sebatas amal usaha Muhammadiyah yang mengelola lembaga pendidikan, berbentuk pesantren di Sumatera Barat.


Ponpes Muhammadiyah Kauman Padangpanjang, juga diakui sebagai lembaga pendidikan yang dikelola persyarikatan unggul, berkualitas, dan sejajar dengan lembaga pendidikan vaforit lain, khususnya di Sumatera Barat.


Kulliatul Muballighin Muhammadiyah (KMM) Padangpanjang atau sebutan favorit di masa lalu, sejak berdirinya hingga saat ini telah banyak melahirkan alumni. Keberadaan mereka tersebar di berbagai provinsi, termasuk di DKI Jakarta.


Salah satu alumni KMM Padangpanjang, berasal dari Maligi, Kecamatan Sasak Ranah Pasisir, Kabupaten Pasaman Barat adalah, Jasra Putra, yang saat ini dipercaya pemerintah menjadi Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) masa bakti 2022-2027.


Malahan, ulas Ketua PC Muhammadiyah Tamiang Ujung Gading itu, salah seorang pendiri sekaligus pengasuh Ponpes Muhammadiyah Tamiang Ujung Gading Kecamatan  Lembah Melintang, adalah alumni KMM Kauman Padangpanjang, yaitu Nuryufa Dt. Bijo Anso.


Selain kelompok pendiri dan pengasuh Ponpes Mu'allim Muhammadiyah Tamiang Ujung Gading. Di sisa hidupnya,  Sumatera Barat. Pada kesempatan itu, Buya Nuryufa tergabung dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) Sumatera Barat.


Keberadaan Ponpes Muhammadiyah Kauman Padangpanjang, tambah Irham, memang dijuluki sebagai lembaga pendidikan favorit untuk kalangan sederajat di Sumatera Barat. Seiring hal itu, maka sudah wajar dan pantas, pengelola perguruan Muhammadiyah di Tamiang Ujung Gading, melaksanakan studi tiru ke Ponpes Muhammadiyah Kauman Padangpanjang.


Mudir Ponpes Muhammadiyah Kauman Padangpanjang, Darliana,

mengakui, pihaknya dengan segenap warga Ponpes Muhammadiyah Kauman Padangpanjang, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Ponpes Mu'allim Muhammadiyah Tamiang Ujung Gading, Kabupaten Pasaman Barat.


Kemitraan antara Ponpes Muhammadiyah Kauman Padangpanjang dengan Ponpes Mu'allim Muhammadiyah Tamiang Ujung Gading, tidak hanya pada kunjungan atau studi tiru hari ini saja. Tapi harus berlanjut, sehingga antara Ponpes Muhammadiyah Kauman Padangpanjang dengan Ponpes Mu'allim Muhammadiyah Tamiang Ujung Gading, tidak sebatas memiliki visi dan misi yang sama, tapi harus berjuang secara bersama-sama.


Ke depan, tambah Derliana, harus ada sinergitas yang berlanjut dan berkesinambungan antara kedua lembaga pendidikan yang sama dikelola Muhammadiyah ini. Jika Ponpes Muhammadiyah Kauman Padangpanjang berada di kota Serambi Mekkah , lalu Ponpes Mu'allim Muhammadiyah Tamiang Ujung Gading berada di Pasaman Barat. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update