-->

Notification

×

Iklan

Iklan

400 Sisw a MTsN 4 Pasaman Barat, Manasik Haji di Padang

Kamis, 02 Maret 2023 | Kamis, Maret 02, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-13T12:18:11Z
iklan

Manasik Haji 


Pasaman Barat, smartsumbar.com - 400 siswa MTsN (Madrasah Tsanawiyah Negeri) 4 Pasaman Barat, Kamis (2/3) melaksanakan praktik manasik haji di komplek KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) Nur Zikrillah, kawasan Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah Padang.


Dari sejumlah siswa MTsN 4 Pasaman Barat yang mengikuti praktik bimbingan manasik haji selama seharian penuh ini, dibagi menjadi 14 kelompok. Hal ini sesuai dengan jumlah bis yang mengangkut para siswa bersama guru sekaligus sebagai pembimbing kegiatan itu.


Sebelum rombongan meninggalkan madrasah yang berada di Katimaha Simpang Empat, mulai sekitar pukul 21.30 Wib para siswa bersama guru pendamping kegiatan, berkumpul di komplek Asrama MTsN 4 Pasaman Barat, Katimaha Simpang Empat.


Berhubung ada pelepasan dari Kepala Madrasah, seluruh siswa bersama guru yang mendampingi berkumpul di halaman madrasah, selanjutnya mengikuti acara pelepasan dari kepala madrasah, yang dihadiri Kaur Tata Usaha, Azwar Anas, bersama perangkat madrasah yang lain.


Setelah acara melepas dari kepala madrasah selesai, dan sekitar pukul 23.30 para siswa sesuai urutan kelompoknya masing-masing menaiki bis yang telah standby di depan asrama madrasah. Akhirnya, tepat pukul 00.30 Wib, para siswa meninggalkan MTsN 4 Pasaman Barat, selanjutnya menuju komplek KBIH Nur Zikrillah di kawasan Lubuk Minturun, Kota Padang.


Kepala MTsN 4 Pasaman Barat, Gusmayenti, pada kesempatan itu menyampaikan, Alhamdulillah hari ini (Kamis-red), Yang Maha Kuasa, memberi izin dan kesempatan kepada 400 siswa, mengikuti latihan bimbingan manasik haji di pusat latihan manasik KBIH Nur Zikrillah, Lubuk Minturun Padang.


Untuk itu, ingat kepala madrasah itu, ikuti dan tidak manfaatkan waktu yang ada secara baik dan maksimal. Sehingga akan ada manfaat atau ilmu pengetahuan, wawasan dan pengalaman yang diperoleh dari kegiatan ini, selanjutnya dijadikan bekal, sebagai penambah ilmu pengetahuan, wawasan dan pengalaman para siswa ke depan.


Yang jelas, tambah Gusmayenti, kunjungan 400 siswa bersama para guru pembimbing di Padang, bukanlah untuk berekreasi, berwisata, atau sekedar melihat secara langsung, bagaimana kondisi dan fasilitas bimbingan manasik haji di KBIH Nur Zikrillah yang berada di kawasan Lubuk Minturun Padang, tapi belajar dan memperkaya diri bidang ilmu manasik haji.


Salah seorang guru pendamping, Nurhayati, menyampaikan, walau materi pelajaran tentang manasik haji, bukalah materi pokok. Tapi sebagai umat Islam, seperti siswa MTsN 4 Pasaman Barat, rasanya wajib mengetahui tatacara pelaksanaan perjalanan ibadah haji ke tanah suci.


Agar proses penilaian ibadah haji dimaksud, katanya, bisa diikuti dengan maksimal. Maka sarana menambah ilmu pengetahuan, wawasan dan pengalaman tentang tatacara pelaksanaan ibadah haji adalah, melalui bimbingan manasik haji, seperti yang diikuti 400 siswa MTsN 4 Pasaman Barat di Padang, hari ini.


Selain itu, ulas Nurhayati, praktek manasik haji tersebut merupakan evaluasi pembelajaran yang digelar setiap tahun khusus dalam program bidang study fikih bagi siswa. Untuk itu, pihaknya minta kepada para siswa mengikuti manasik haji dan untuk selalu berjihad,  semoga nantinya siswa madrasah benar benar dapat melaksanakan ibadah haji di tanah suci.


Selama dalam pelaksanaan manasik haji tersebut siswa diminta untuk selalu kompak, menjaga keselamatan, dan saling  mengingatkan diantara para siswa, sehingga perjalanan tersebut selamat pergi dan selamat kembali ke tanahdatar. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update