-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Jembatan Mahakarya - Pondok Sasak, Nyaris Putus

Rabu, 01 Maret 2023 | Rabu, Maret 01, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-13T12:15:11Z
iklan

Kondisi Jembatan 



Pasaman Barat, smartsumbar.com  Sudah sebulan jembatan penghubung antara Jorong Peros di Mahakarya, Kecamatan Luhak Nan Duo menuju Pondok di Kecamatan Sasak Ranah Pasisir, walau telah sebulan ambruk, belum ada tanggapan dari pihak terkait.


"Telah sebulan akses jalan lintas dari Poros Mahakarya di Kejorongan Pondok terputus, hingga saat ini masih belum ada tanggapan, apalagi untuk memperbaikinya dari pemerintah daerah bersama pihak terkait. Akibatnya, masyarakat kesulitan melalui jalan yang nyaris putus itu", kata Kepala Jorong Pondok, Beni, Rabu (1/3) siang.


Setelah jalan tersebut terputus, akibat diterjang derasnya luapan air, yang mengalir di bawah jembatan itu, masyarakat di dua nagari di Pasaman Barat, merasa kesulitan melewati, sebagai akses jalan dan sarana pengangkut hasil kebun atau pertanian warga setempat.


Menurut Beni, jalan ini adalah satu satunya jalan Akternatif kami yang sangat Vital sekali, dan juga termasuk jalan Evakuasi saat saat darurat ketika terjadi bencana di Kejorongan Pondok ini, tentunya kami sebagai warga Jorong Pondok ini yang bermungkim dekat dengan pantai pastinya merasa khwatir sekali dengan saat ini kondisi jalan yang sudah putus,


Apabila sewaktu waktu, ulasnya, terjadi hal hal yang tidak diduga, pasti terjebak dengan sesuatu yang sulit. Walaupun jembatan titisan itu,  sementara, kondisi ini sudah diupayakan untuk mengantisipasi secara swadaya. Namun tetap saja tidak ada manfaat ketika terjadi sesuatu yang mendesak karna titisan yang kami buat hanya bisa di lewat sebatas motor roda dua itupun memungkinkan bisa di lewat untuk siang hari.


Dijelaskan Beni, di awal jalan ini ambruk dan nyaris putus, pihaknya sudah menyampaikan hal itu kepada pemerintah daerah, mulai tingkat nagari, kecamatan, dan kepada bupati, termasuk pihak DPRD Pasaman Barat.


"Selaku warga Pondok, dan saat ini dipercaya sebagai kepala jorong, pihaknya berharap agar jalan atau jembatan ini diperbaiki secepatnya. Jika hanya menunggu proses perencanaan dulu baru di tenderkan, tentu kondisi ini tidak terjawab", katanya.


Sementara, jalan ini adalah urat nadi kami disini, harapan saya terhadap pemerintah terkait, berhubungan jalan yang terputus tidak signifikan masih bisa di perbaiki dengan paling banyak 20 truck sirtu menjelang jalan di perbaiki secara permanen pungkas Beni.


Wakil Ketua DPRD Pasaman Barat, Endra Yama Putra mengakui, selaku waki ketua DPRD Pasaman Barat, dan Kecamatan Sasak Ranah Pasiaie adalah Daerah Pemilihan (Dapil)-nya, tentunya apapun yang menjadi harapan masyarakat tersebut akan menjadi target prioritasnya.


Namun sebagaimana yang kita harapkan tentu kita tidak terlepas dari aturan Regulasi yang ada, karna kita menggunakan anggaran Negara tidak lah semudah yang kita bayangkan ibarat membalikan telapak tangan.


Pihaknya berharap, agar masyarakat Kejorongan Pondok, agar lebih bisa bersabar, karna apa yang di harapkan masyarakat tersebut sudah masuk menjadi program prioritas Bupati kita, sayapun selaku wakil mereka di DPRD Pasbar sudah pasti akan turut mendorong program Pemerintah terhadap Pembangunan di Nagari Sasak Ranah Pasisie dengan catatan harus melalui proses sesuai aturan yang ada tutup Endra Yama. (gmz))

iklan
×
Berita Terbaru Update