-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Bimtek EDM dan e-RKAM Madrasah Pasbar terus Digenjot, Ini kata Tim Inti Provinsi dan Kabupaten

Senin, 17 April 2023 | Senin, April 17, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-17T00:38:36Z
iklan

 Tim Inti Provinsi dan Kabupaten saat memberikan materi pelatihan 


Padang, smartsumbar.com -----Peserta  Bimbingan Teknis (Bimtek) Evaluasi Diri Madrasah dan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah Berbasis Elektronik ( EDM dan e-RKAM) dapat apresiasi dari TIP (Tim Inti Provinsi) Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat.




"Hari ini merupakan yang tercepat menyelesaikan tugas sesuai latihan yang diberikan dalam tahap registrasi dan cara pengisian EDM, " kata Suhanda, pengajar/ pelatih Bimtek dari TIP, yang didampingi Edy Juarminson, Tim Inti Kabupaten, yang juga menjadi pengajar dalam bimtek tersebut, Minggu (16/4/2023) di Rocky Plaza Hotel Jalan Permindo Padang.






Lanjut Suhanda, kecepatan pengerjaan latihan peserta Bimtek Beach 3 yang diikuti 33 peserta dari 11 madrasah Pasbar ni, tak lepas dari berkat keseriusan dalam memperhatikan penjelasan narasumber dan mengerjakan tugas pelatihan pada hari pertama Bimtek. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 16-18 April 2023.  



Sebelumnya, sesuai program Kemanag Pasbar, seluruh madrasah yang belum Bimtek pada tahun sebelumnya, maka tahun ini digenjot dan diupayakan untuk tuntas.  Baik Bimtek secara Daring maupun Luring. Hingga kini, untuk Bimtek Luring  telah diikuti beach 1, beach 2 dan beach 3 sedang berlangsung. Sedangkan jadwal berikutnya akan menyusul untuk beach 4 dan 5.




Suhanda dan Edi Juarminson berharap agar kegiatan Bimtek benar -benar diikuti dengan baik. Sebab, hal ini sangat penting untuk kemajuan madrasah ke depan. Termasuk salah satunya yang utama dalam keberlanjutan penerimaan BOS atau bantuan lainnya. Salah satu syaratnya harus menyelsaiakan EDM dan e-RKAM


Dijelskan bahwa Penyusunan rencana kerja dan anggaran akan berkualitas apabila didasarkan pada analisis hasil Evaluasi Diri Madrasah (EDM) yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP). Maka madrasah diharapkan mampu mengalokasikan secara tepat dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) atau dana lainnya untuk kegiatan yang mendorong pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP). 




Degan penerapan EDM dan e-RKAM ini, pemanfaatan semua dana bantuan dapat dipantau di jenjang kabupaten/kota, provinsi, maupun pusat. Dengan e-RKAM ini pula, kualitas lembaga pendidikan dapat ditingkatkan seiring kenaikan kualitas perencanaan dan penganggarannya.

 

Maka pengajar dalam Bimtek ini meminta peserta agar mengikut kegiatan Bimtek dengan serius dan disiplin, sehingga setiap materi yang disampaikan dapat terserap dengan baik dan dapat diaplikasikan ke depan pada madrasah masing-masing.*****irti z  .

 

iklan
×
Berita Terbaru Update