-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Wabup Pasbar Buka Pekan Seni Budaya Sasak

Minggu, 23 April 2023 | Minggu, April 23, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-23T14:50:31Z
iklan

 



Pasaman Barat, smartsumbar.com - Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawato, Minggu (23/4) resmikan Pekan Seni Budaya di Pantai Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisir, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat, dalam rangka libur lebaran Idul Fitri 1444/2023.


"Hari ini (Minggu- red), pemerintah daerah, atas nama pemerintah daerah Pasaman Barat, kita meresmikan pekan budaya tingkat kabupaten di kawasan Pantai Sasak. Program pengembangan wisata tingkat kabupaten di Sasak, kita resmikan dan diharapkan masyarakat bisa berlibur dengan tenang dan nyaman," kata Risnawanto di Sasak, Minggu.


Dengan dibukanya pekan seni budaya tingkat kabupaten ini, diharapkan masyarakat tetap waspada dan hati-hati selama menikmati libur lebaran di setiap objek wisata yang ada, seperti di kawasan Muaro Sasak, Pohon Seribu dan Pantai Indah Maligi, kata wakil bupati.


Bagi warga yang memiliki anak kecil, ingat wakil bupati, diharapkan dapat diawasi dengan ketat dan jangan biarkan main sendirian, tapi dibimbing dan diawasi. Selain itu, pengawasan orang tua, panitia pelaksana dalam hal ini pihak nagari atau desa dan kelompok sadar wisata agar membentuk satuan tugas yang khusus mengawasi pengunjung yang berkunjung.


"Melalui Dinas Pariwisata dan instansi lainnya sudah melatih anggota kelompok sadar wisata bagaimana memberikan pertolongan pertama jika ada pengunjung yang terbenam atau hanyut," katanya.


Pihaknya tidak ingin kejadian yang sama terjadi di Pantai Sasak seperti terjadi di Lubuk Cempong Kinali yang memakan korban. Meskipun sebenarnya lokasi itu tidak masuk daftar destinasi wisata di Pasaman Barat, ingat Risnawato.


Kepala Dinas Pariwisata Pasaman Barat, Decky Sahputra, didampingi Kepala Bidang Destinasi Pariwsita Seni dan Budaya, Fajri, jelaskan, pihaknya telah melatih anggota kelompok sadar wisata sebagai penjaga pantai mengawasi pengunjung.


"Pengawasan pantai kami rekrut dari pemuda setempat karena mereka lebih mengetahui lokasi yang rawan atau lokasi yang berbahaya bagi pengunjung," sebutnya. Pekan seni budaya ini, juga menampilkan seni budaya pada liburan Idul Fitri ini adalah Pantai Air Bangis, Pantai Sikabau dan Pantai Sasak", jelas Dicky.


Pelaksananya, terangnya lagi adalah setiap nagari dengan kelompok sadar wisata yang ada. Melalui kegiatan ini, diharapkan mampu meningkatkan pendapatan asli nagari nantinya, yang biasanya hanya diperoleh dari pasar.


Artinya melalui kegiatan ini perputaran uang akan terjadi di nagari. Selain itu juga membuka lapangan pekerjaan dan pedagang lokal akan bisa mengangkat pendapatan asli daerah. Kegiatan ini, juga ditampilkan aneka seni budaya dari setiap nagari, seperti pameran usaha produktif dengan penampilan hiburan dan lomba menyanyi.


Materi pentas seni dan budayanya tergantung pada pihak nagari sebagai pelaksananya. Pentas seni dan budaya ini, dalam rangka mengisi liburan dan menghibur perantau yang pulang kampung saat Idul Fitri 1444 hijriah.


"Kita juga ingin melestarikan seni dan budaya yang ada. Mudah-mudahan melalui pentas seni dan budaya ini bisa meningkatkan kecintaan kita kepada seni dan budaya lokal yang ada," harapnya. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update