-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kepengurusan BKM Pasaman Barat, Dikukuhkan

Selasa, 01 Agustus 2023 | Selasa, Agustus 01, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-01T09:23:20Z
iklan

Kepengurusan BKM Pasaman Barat 

 


Pasaman Barat, smartsumbar.com, - Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, Helmi, Selasa (1/8) melantik sekaligus mengukuhkan pengurus BKM (Badan Kesejahteraan Mesjid) di Aula Amal Bakti 1 Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, Padang.


Selain pengukuhan pengurus BKM di aula Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, dihadiri Gubernur, yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov), Hansastri, bersama Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Sumatera Barat, pengukuhan pengurus BKM itu, juga digelar secara virtual, dan diikuti para pejabat bersama ASN Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota, termasuk dari Pasaman Barat.


Di Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, pengukuhan pengurus BKM secara virtual, diikuti Kasubbag Tata Usaha, Sufrinas, Plh. Kasi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam, Asriwan, Kabag Kesra Setda Pasaman Barat, Hartasani, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Darmansyah, Ketua BWI (Badan Wakaf Indonesia) Pasaman Barat, Abrar Lisman, bersama unsur pengurus BKM Pasaman Barat, periode 2023-2027 depan.


Pengurus BKM Pasaman Barat yang dikukuhkan, untuk empat tahun ini depan yang dikukuhkan Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, Helmi itu adalah, Sebagai majelis pertimbangan adalah, Hendra Putra (Sekda Pasaman Barat), Darmansyah (Ketua MUI Pasaman Barat), Nasrullah (Ketua PC Nahdlatul Ulama (NU), Hartasani (Kabag Kesra), Abrar Lisman (Ketua BWj), Ardinan. (Wakil Ketua Muhammadiyah), Muhajir (Mewakili Baznas), Nasrial (Tokoh Agama), dan Suwito 


Sebagai Ketua Umum, kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Ketua Harian, Kasi Bimas (Bimbingan Masyarakat) Islam, Wakil Ketua Harian Sufrinas, Suharjo, Rali Tasman, Asriwan, Adrifel, Wafda, Edi Halomoan, Ihsan, dan Gusmayenti.


Sebagai Sekretaris dipercayakan kepada Deni Rahmah, Bendahara diisi Samsuir. Bidang Idarah diisi Suratno dengan Mustika Rizana, Bidang Inarah dijabat Bakti bersama Sabar M, Bidang Riayah diisi Miskarya dengan Masri Wandi, Bidang Bantuan Hukum (Advokasi) diisi Permohonan Simamora bersama Syahrul.


Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak dipercayakan kepada Amelia Murni bersama Ermawati, Bidang Humas Data dan Informasi diisi Gusmizar bersama Edisman, Bidang Hubungan Antar Lembaga dipegang Ade Agusruni dengan Rahmi Yanti, Bidang Kepemudaan dan Remaja Masjid diisi Ahyan Hijri dengan Jessi Rani, dan Bidang Zakat Wakaf diisi Novrianita bersama Desmawati.


Dijelaskan Asriwan, penetapan struktur kepengurusan BKM Kabupaten Pasaman Barat untuk empat tahun ke depan, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, nomor 432 Tahun 2023, pada tanggal 17 Juli 2033 dan ditandatangani Kepala Kanwil, Helmi.


Sesuai sambutan Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, jelas Asriwan, setelah kepengurusan BKM Kabupaten Pasaman Barat, begitu juga dengan kepengurusan kabupaten dan kota lainnya di Sumatera Barat, maka pekerjaan pengurus tingkat kabupaten/kota, seperti Pasaman Barat selanjutnya adalah membentuk struktur kepengurusan BKM tingkat kecamatan hingga di tingkat nagari.


Pembentukan organisasi bersama struktur kepengurusan BKM setiap kecamatan dan kenagarian, harap Helmi, diharapkan akan tuntas dalam bulan Agustus 2023 ini. "Pihaknya berharap, pembentukan setiap organisasi dan Kepengurusan BKM tingkat kecamatan dan nagari selama beberapa minggu ke depan akan tuntas, seperti yang diharapkan", katanya.


Ketua MUI Pasaman Barat, Darmansyah, pada kesempatan yang sama menyampaikan, hadir den berkembangnya BKM di Pasaman Barat ke depan, diharapkan menjadi mitra kerja organisasi khusus pengelola, pemberdayaan dan pengembang usaha kemasjidan yang ada di daerah ini.


Organisasi dimaksud yang telah ada semenjak Pasaman Barat ada, ulas Pembinaan Yayasan Pendidikan Cahaya Makkah adalah, Dewan Mesjid Indonesia (DMI), mulai tingkat kabupaten dan kecamatan, begitu juga dengan organisasi keagamaan yang lain. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update