-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kasi Bimas Islam, Ronaldi, Ukur Arah Kiblat Mesjid di Sontang

Minggu, 17 September 2023 | Minggu, September 17, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-17T16:33:12Z
iklan

Pengukuran Arah Kiblat 



Pasaman Barat, smartsumbar.com, - Kasi Bimas (Bimbingan Masyarakat) Islam Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Ronaldi, Minggu (17/9) memimpin pelaksanaan pengukuran arah kiblat Masjid Jamik Jorong Pematang Sontang, Nagari Ranah Malintang Kecamatan Sungai Aur, Pasaman Barat, 


Pengukuran arah kiblat mesjid itu, juga dihadiri Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Sungai Aur, Kurnia Kurdi, bersama jajaran, seperti , Awalul Fitrah , Syahril, Suhardiman, walinagari, ninik mamak, dan kepala jorong setempat.


Kasi Bimas Islam, Ronaldi, menyampaikan, salah satu tugas dan fungsi Seksi Bimas Islam adalah memberikan pelayanan pengukuran arah kiblat yang baru maupun kalibrasi, maka masyarakat dipersilahkan untuk mengajukan permohonan layanan.


Arah kiblat sesuatu hal yang penting adanya, bukan saja ketika shalat, akan tetap ketika pemakaman jenazah pun harus diperhatikan. Salah satu syarat sahnya salat adalah menghadap qiblat atau mengarah ke ka’bah di kota Makkah.


Masjid dan mushala perlu diukur arah qiblatnya dengan sempurna. Adapun tujuan dari pengukuran arah qiblat agar pengetahuan masyarakat tentang penentuan arah kiblat meningkat dan lebih baik.


Selain itu, menghindari adanya kesalahan dalam menentukan arah kiblat salat berjamaah di masjid atau musholla, termasuk arah pemakaman. Hal ini sebagai tindaklanjut dan respon cepat atas permohonan pengukuran arah kiblat yang diajukan oleh pengurus takmir masjid.


Kepala KUA setempat, Kurnia Kurdi, mengakui, hingga saat ini masih banyak mesjid dan musholla di wilayah kerja KUA Sungai Aur, perlu dilakukan pengukuran ulang arah kiblat.


Secara bertahap, ulasnya, bersama pemerintah kecamatan, kenagarian, jorong, tokoh masyarakat bersama pihak terkait yang lain, terus berupaya dan mengajak pengurus mesjid, musholla dan masyarakat setempat, melakukan pengukuran ulang arah kiblat sarana ibadahnya. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update