-->

Notification

×

Iklan

Iklan

KUA Kecamatan Pasaman, Laksanakan Bimwin Mandiri

Kamis, 16 November 2023 | Kamis, November 16, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-16T10:13:24Z
iklan

Bimwin Mandiri 



Pasaman Barat, smartsumbar.com, -  Menambah ilmu pengetahuan, wawasan dan sikap kemandirian dalam berumahtangga bagi suami istri, merupakan kewajiban bagi setiap pasangan. Seiring hal itu, KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Kamis (16/11) melaksanakan Bimwin (Bimbingan Perkawinan) secara mandiri di kantor itu, Simpang Empat.


Bimwin secara mandiri di ruang Balai Nikah, KUA Kecamatan Pasaman, Simpang Empat, diikuti 10 pasang calon pasangan suami istri atau Catin (Calon Pengantin) dari setiap jorong se kecamatan Pasaman, kata Kepala KUA setempat, Zulfikar di ruang kerjanya, Kamis siang.


Program Binwin secara mandiri di kantor urusan agama kecamatannya, kata Zulfikar merupakan, sarana meningkatkan kualitas sumber daya pengantin, menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, khususnya berkaitan dengan rumah tangga.


Selain itu, ingatnya lagi, Bimwin yang digelar secara terprogram ini, juga sebagai jawaban atas perlu sekaligus dibutuhkannya ilmu pengetahuan dan peningkatan ilmu, wawasan serta hal-hal yang berkaitan dengan tugas pokok juga fungsi suami sebagai kepala keluarga, istri sebagai ibu rumahtangga, dan ilmu pengetahuan yang lain.


Ketua APRI (Assosiasi Penghulu Republik Indonesia) Pasaman Barat, Wafda, sekaligus Penghulu di wilayah kerja KUA Kecamatan Pasaman, menjelaskan, Kementerian Agama, khususnya di Pasaman Barat, juga menggelar Bimwin secara tertata dan terprogram. Untuk tahun anggaran 2023 dilaksanakan sebanyak 19 angkatan, sesuai titik lokasi dan jadwal yang ditetapkan.


Binwin, jelas Ketua APRI Pasaman Barat itu, bertujuan memberikan ilmu pengetahuan, wawasan sekaligus pembekalan kepada para Catin, dalam rangka mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah, seperti yang diharapkan bagi setiap pasangan suami istri.


"Materi yang disampaikan berkaitan dengan kebahagian rumah tangga, salah satunya adalah semakin dekat pasangan kepada Allah SWT. Mencegah komplik dalam rumah tangga adanya hak dan  kewajiban serta peran suami istri dalam rumah tangga", ujarnya.


Pemateri Bimwin di KUA Kecamatan Pasaman hari ini adalah, Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Ronaldi, Kasubbag Tata Usaha, Sufrinas, Kepala KUA setempat, Zulfikar, dan Ketua APRI Pasaman Barat. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update