-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Risnawanto, Tebar 10.000 bibit nila di sungai Batang Gunung

Kamis, 22 Februari 2024 | Kamis, Februari 22, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-22T07:02:00Z
iklan



 Penebaran bibit ikan nila 




Pasaman Barat, smartsumbar.com, -  Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto, didampingi Kepala Dinas Perikanan Zulfi Agus, sebar 10.000 benih ikan nila di aliran sungai Batang Gunung, Jorong Batang Gunung, Kecamatan Lembah Melintang, Rabu (21/2) sore kemarin .


“Penebaran ikan ini, kita dilakukan sebagai upaya melestarikan ekosistem sungai atau perairan umum, dengan harapan dapat memberikan nilai ekonomis. Bagi warga setempat, diharapkan dapat meningkatkan pelestarian perairan umum, khususnya di lingkungan yang bersangkutan", ingat Risnawanto.


Dijelaskan Wakil Bupati itu, kegiatan pelestarian dan mengembangkan budidaya ikan, khususnya air tawar, sangat penting dilakukan. Pelestarian dan pemanfaatan sungai, sebagai sarana perairan umum, secara otomatis akan meningkatkan perekonomian dan dapat dimanfaatkan setiap warga atau masyarakat setempat.


“Hingga saat ini, kondisi sungai di Pasaman Barat membutuhkan perhatian, perawatan dan harus dijaga. Idealnya sungai atau fasilitas perairan yang berbeda di tengah masyarakat, mendapat nilai ekonomis, semakin lama pertumbuhan penduduk semakin bertambah dan kebutuhan masyarakat", ulasnya.


Sebagai bentuk perhatian dan kepedulian bersama, kata Risnawanto, Pemda Pasaman Barat dengan pihak terkait memberikan bantuan sejumlah bibit ikan, dengan harapan bisa bermanfaat bagi masyarakat, baik untuk konsumsi maupun peningkatan laju pertumbuhan ekonomi masyarakat.


Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Zulfi Agus menyampaikan, Pemda Pasaman Barat salurkan bantuan, khususnya bibit ikan kepada masyarakat Jorong Batang Gunung, Kecamatan Lembah Melintang. Bantuan bibit ikan ini, merupakan sarana untuk memotivasi masyarakat, agar secara beramai-ramai merawat, memelihara sekaligus memanfaatkannya secara maksimal.


Agar budidaya ikan nila yang ditebar di aliran sungai Batang Gunung berhasil maksimal, dan bisa meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi di tengah masyarakat. Tentu harus ada komitmen masyarakat secara bersama. Di antara komitmen itu adalah tidak membuang sampah ke sungai dan menangkap ikan dengan cara yang dapat merusak ekosistem perairan seperti menggunakan racun, dan sebagainya.


“Ke depan akan ditetapkan peraturan nagari tentang melindungi perairan umum dan tahun ini juga dapat diusulkan Ranperda terkait pengelolaan perairan umum di seluruh Pasaman Barat dengan harapan seluruh sungai bisa terjaga kelestariannya,” harapnya.


Tokoh masyarakat, Jumalis, mengucapkan terima kasih kepada Pemda pasbar yang telah memberikan bantuan bibit ikan. Ia berharap perairan Batang Gunung menjadi lebih bersih dan masyarakatpun bisa menjaga kelestarian sungai. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update