-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Dinas DPPKB P3A Pasbar Gelar Audisi Duta Generasi Berencana 2021

Senin, 01 Februari 2021 | Senin, Februari 01, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-02-21T09:38:52Z
iklan

 


 

 Audisi Pemilihan Duta GenRe Pasbar 2021


Pasbar, smartsumbar.com

Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB P3A) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) gelar Audisi Duta Generasi Berencana (GenRe) tingkat Kabupaten Pasbar tahun 2021.


Kegiatan dilaksankan selama dua hari dan dimulai hari ini, Senin (01/02/2021). Jumlah peserta sebanyak 117 orang, utusan dari 26 sekolah SLTA di Pasbar dan sejumlah peserta dari kalangan mahasiswa. Peserta dibagi dalam dua kelompok, sehingga kegiatan seleksi dilaksankan dua hari, Senin dan  Selasa (02/02/2021)

 

Rangkaian seleksi dengan melaksanakan protocol kesehatan ini bertempat di Aula Kantor Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB P3A) Pasbar di Kota Simpang Empat. Dan dibuka secara resmi oleh Kepala  DP2KB P3A Pasbar, Dr. Anna Rahmadia.

 

Dalam pembukaan kegiatan,  Kepala Dinas (Kadis) DPPKB P3A Pasbar, Anna Rahmadia menyampaikan ucapan  selamat datang kepada para peserta penjaringan yang dapat giliran mengikuti seleksi pada hari pertama. Dan ia mengingatkan untuk tetap memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak, sesuai ketentuan protokol Covid-19.

 

 Audisi Duta GenRe Tingkat Pasbar Dimulai Senin 1/2/2021

“Kegiatan audisi dan penjaringan Duta GenRe ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Namun pada tahun ini kita berada dalam situasi pandemi Covid-19, sehingga harus senantiasa mematuhi protokol kesehatan, “kata Anna rahmadia.

 

Lebih lanjut,  ia mengucapkan terima kasih atas kerja panitia dan pengurus Duta GenRe 2020, sehingga kegiatan dapat terlaksana dan berjalan lancar.  

 


Ia menambahkan, dalam pemilihan Duta GenRe ini tidak sekedar menilai performance saja tapi juga pemikiran, wawasan dan pengetahuan terkait informasi pencegahan  menundaan pernikahan dini , narkoba dan juga pergaulan. bebas. Maka, rangkaian test dimulai dengan ujian tertulis dan juga wawancara untuk menggali kemampuan peserta.


 Pepala Dinas DPPKB P3A Pasbar, Dr. Anna rahmadia Ketika Membuka Acara Audisi Duta GenRe 2021

 

“Siapapun nanti yang terpilih, dialah merupakan yang terbaik dari semua peserta yang tentunya merupakan putra putri terpilih yang diutus oleh sekolah atau perguruan tinggi yang bersangkutan,” jelasnya 

 

Lanjutnya lagi, “Oleh karena itu  dalam keseharian pun sebagai warga atau peserta Duta GenRe,  harus senantiasa santun, sopan, disiplin , jangan berkeliaran di luar dan jadilah contoh yang baik bagi kawan-kawannya di sekolah dan di masyarakat,”pintanya 

 

Anna juga menyampaikan berbagai tugas dan tujuan Duta Genre. Di anataranya, untuk menyosialisasikan terkait peran penting keluarga. Sebagaimana sebutan “GenRe” adalah suatu program dari singkatan “Generasi Yang Punya Rencana” yang diluncurkan oleh pemerintah.


Maka jelasnya, dalam rangka merespon permasalahan remaja saat ini, pihak pemerintah seperti halnya Pemerintah Kabupaten Pasbar, mengembangkan Program penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

 


Selain itu urainya,  juga bertujuan mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pra Nikah dan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif). Juga sekaligus menekan maraknya permasalahan remaja.

 

Begitupun terkait permasalahan seputar seksualitas, persoalan HIV/AIDS, penyalahgunaan narkoba dan rendahnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan usia kawin pertama yang relatif masih rendah. Hendaknya hal ini dapat diantisipasi, sehingga peran duta Genre masih perlu terus digiatkan. ***irti z


iklan
×
Berita Terbaru Update