-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kepala Kantor, Remikan Porsema di MTs Zamiga Parit

Kamis, 27 Januari 2022 | Kamis, Januari 27, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-02-07T16:36:39Z
iklan

Kepala Kantor, diwakili Plt. Kasi Penmad, Buka Porsema se KKM MTsN 6 Pasaman Barat di MTs Zamiga Parit

 

Pasaman Barat, smartsumbar.com – Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, diwakili Plt. Kasi Penmad (Pendidikan Madrasah), Bakrizal, Kamis, 27 Januari 2022, meeresmikan dilaksanakannya Porsema (Pekan Olahraga dan Seni Madrasah) ke-10, diikuti 12 madrasah se Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MTsN 6 Pasaman Barat.

Pembukaan Porsema X se KKM Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 6 Pasaman Barat di komplek MTs Pondok Pesantren (Ponpes) Zamiga Parit, Kecamatan Parit Koto Balingka, dihadiri Camat setempat, Bahrul Ilmi, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), Syahril, walinagari bersama perangkatnya, kepala MTsN 6 Pasaman Barat, Arispan.

Porsema yang menampilkan tiga cabang olahraga, yaitu volleyball, tenis meja dan badminton, tiga jenis lomba berupa qasidah rebana, tilawah, dan lomba pidato dalam tiga bahasan, jelas Ketua Pelaksana, Irti Zamin, sekaligus kepala MTs Ponpes Zamiga, dan Kaur Tata Usaha MTsN 6 Pasaman Barat, Sukmayenti, pada kesempatan itu.

Dijelaskan Irti Zamin, karena MTsN 6 Pasaman Barat di Simpang Air Balam, memiliki 11 madrasah swasta yang ber-KKM, maka Porsema selama dua hari itu diikuti utusan dari 12 lembaga pendidikan tingkat MTs. Di antaranya, MTs Zamiga sebagai tuan rumah, MTsS Simpang, MTs Muhammadiyah Silaping, MTs Islamiyah Batahan, MTs Silayang, dan sebagainya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, diwakili Bakrizal, menyampaikan, Porsema bukanlah sebagai ajang pertandingan atau lomba dalam berbagai jenis kegiatan yang ditampilkan. Pekan olahraga dan seni, untuk kalangan KKM MTsN 6 Pasaman Barat merupakan kegiatan ke-10, juga ajang mencari bakat dan minat di kalangan peserta didik.

Di kalangan Kementerian Agama, mulai tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga ke tingkat nasional, selalu melaksanakan sejumlah kegiatan, semuanya berupa pertandingan olahraga, dan aneka lomba seni. Di kalangan madrasah, dikenal dengan Kompetensi Sain Madrasah (KSM), kemah pramuka, dan sebagainya.

Di kalangan pondok pesantren, ulas Bakrizal, ajang kompetensi santri dinamakan dengan Porsadin (Pekan Olahraga dan Seni Diniyah), aneka kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka hari santri. Untuk siswa yang menekuni bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI), yaitu para siswa lembaga pendidikan umum, mulai tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK, momen pertandingan dan seninya dinamakan dengan Pentas Pais.

Porsema yang dilaksanakan se wilauah kerja KKM MTsN 6 Pasaman Barat di komplek MTs Ponpes Zamiga Parit, adalah langkah yang tepat, untuk mempersiapkan atlet atau peserta berbakat di berbagai cabang. Sehingga setiap ada momen, tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi hingga ke tingkat nasional, orang-orang yang menjadi utusannya telah ada.

Tidak kalah pentingnya, tambah Bakrizal, Porsema yang dilaksanakan selama dua hari dan diikuti 12 utusan tingkat MTs se wilayah kerja KKM MTsN 6 Pasaman Barat, juga sebagai ajang silaturrahmi antar sesama. Apakah di kalangan antar siswa, maupun antar kepala madrasah bersama majelsi gurunya. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update