-->

Notification

×

Iklan

Iklan

MK2MTs se Sumatera Barat di MTsN 4 Pasaman Barat

Jumat, 21 Januari 2022 | Jumat, Januari 21, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-01-21T01:26:38Z
iklan


Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto, Kamis (20/1/2022), buka rapat MK2MTs se Sumatera Barat di MTsN 4 Pasaman Barat, Simpang Empat

Pasaman Barat, smartsumbar.com – Kamis, 20 Januari 2022, kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) se Sumatera Barat, mengikuti Musyawarah Kerja Kepala MTs (MK2MTs) di MTs Negeri 4 Pasaman Barat, Simpang Empat. MK2MTs, dihadiri Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, yang diwakili Kabid Pendidikan Madrasah, Syamsul Arifin.

Selain Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, diwakili Kabid Pendidikan Madrasah (Penmad), Syamsul Arifin, bersama rombongan, pembukaan rapat koordinasi juga Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto, Staf Ahli Bidang Agama, Adrianto, anggoa DPRD Pasaman Barat, ketua bersama pengurus MK2MTs Sumatera Barat.

Selain Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur, dari jajaran instansi vertikal tingkat kabupaten itu, juga dihadiri Plt. Kasi Penmad, Bakrizal, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Suharjo, Penyelenggara Zakat Wakaf, Asriwan, kepala Madarsah Aliyah Negeri (MAN), dan kepala Madrasah Ibtidayah Negeri (MIN) se Pasaman Barat.

Kepala Kanwil, diwakili Kabid Penmad, Syamsul Arifin, menyampaikan, seiring perkembangan zaman dan untuk meningkatkan proses pembelajatan, yang pada akhirnya terbentuknya generasi berkualitas, serta siap bersaiang di dunia global. Banyak hal berupa informasi, aturan dan regulasi harus diketahui, dimiliki serta diaplikasikan pada setiap rutiniasnya.

Pendemi penyebaran vurus corona atau Covid-19, yang selama ini menjadi momok malah ketakutan bagi sebagian warga. Dalam dunia pendidikan, ternyata banyak dampak atau akibat yang ditimbulkan dari kondisi ini. Salah satunya adalah pemberlakuan, pemanfaatan sekaligus menjadi kebiasan bagi setip warga pendidikan, memanfaatkan fasiltas teknologi dan informasi.

Artinya, dampak besar dan wajib diikuti setiap warga pendidikan, mulai pengelola pendidikan, tenaga pengajar, peserta didik, bahkan orangtua siswa untuk tahu,faham, sekaligus mampu mengablikasikan fasilitas Teknolgi dan Informasi (TI) dimaksdu, apakah berupa komputer, laptop, atau handphon (HP), ulasnya.

Semenjak berkembanganya Covid-19, sistem pendidikan secara nasional, juga ikut berubah. Selama ini proses pembalajaran dilaksanakan secara tatapmuka secara langsung, antara guru dengan peserta didik. Semenjak dua tahun terakhir, sistem pembelajaran dilaksanakan secara online antara pengajar dengan siswa, sesuai bidang studi dan bahan ajar yang disampaikan.

Seiring hal itu, MK2MTs se Sumatera Barat yang dilaksanakan di MTsN 4 Pasaman Barat, Simpang Empat hari ini, tambah Syamsul Arifin, adalah sarana penyampaian informasi, sosialisasi aturan dan regulasi yang ada. Selain itu, menyamakan persepsi di kalangan peserta didik, menjalankan proses pembalajaran antara guru dengan siswa, sesuai konsekuwensinya.

Ketua MK2MTs Sumatera Barat, Ade Febrian, didampingi Kepala MTsN 4 Pasaman Barat, selaku tuan rumah, menyampaikan, agenda rutin dan dilaksanakan setiap tahun, seperti di Pasaman Barat hari ini (Kamis-red), merupakan program tahunan. Kegiatan ini, juga sarana saling informasi, sharing ilmu dan pengalaman, sekaligus ajang silaturrahi antar kepala MTs se Sumatera Barat.

MTsN 4 Pasaman Barat, yang beradadi kawasan ibukota kabupaten, terang Kepala MTsN 4 Pasaman Barat, Gusmayenti, merupakan lembaga pendidikan paforit, dengan jumlah siswa hingga awal semester II tahun pelajaran 2021-2022, sebanyak 1.138 orang. untuk menunjang mulusnya proses pembelajaran di madrasah ini, rombongan belajar (Rombel) yang dipakai sebanyak 31 lokal, dengan 70 orang tenaga pengajar.

Di kabupaten yang berada di kawasan pesisir pantai barat sumatera, dan berbatasan dengan Provinsi Sumatera Utara ini, MTsN 4 Pasaman Barat, madrash yang berada dalam ukuran besar, dengan lahan berikut bangunan terbatas. Guna meningkatkan kualitas dan prestasi pembelajaran serta membantu para siswa meringankan biaya, di madrasah ini juga terdapat asrama.

Selain MTsN 4 Pasaman Barat, saat ini menjadi lokasi MK2MTs se Sumatera Barat, dan berada di wilayah Kecamatan Pasaman, MTsN yang ada dan tersebar di setiap kecamatan sebanyak tujuh unit, yaitu MTsN 1 Pasaman Barat di Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, MTsN 2 di Ujung Gaidng, Kecamatan Lembah Melintang.

MTsN 3 di Langgam Kecamatan Kinali, MTsN 4 di Simpang Empat Kecamatan Pasaman, sekaligus menjadi tuan rumah pada pertemuan kepala MTsN se Sumatera Barat tahun ini, MTsN 5 di Pematang Sontang, Kecamatan Sungai Aur, MTsN 6 di Air Balam, Kenagarian Parit, Kecamatan Parit Koto Balingka, dan MTsN 7 Pasaman Barat di Seberang Kenaikan, Nagari Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh. (gmz/irz)

iklan
×
Berita Terbaru Update