-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Muhammad Nur : "Peningkatan Kinerja Aparatur, Bisa Dilihat dari SIPKA"

Selasa, 11 Januari 2022 | Selasa, Januari 11, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-01-11T13:05:59Z
iklan

 

 Muhammad Nur


Pasaman Barat, smartsumbar.com – Sebagai tolok ukur atas sukses atau tidaknya dan tercapai atau tidaknya sasaran kinerja yang dilasanakan pada waktu tertentu bagi aparatur Kementerian Agama, seperti di Pasaman Barat, diketahui melalui aplikasi Sistem Informasi Performa Kementerian Agama (SIPKA).


Dijelaskan, SIPKA mengharuskan setiap unit kerja dan pribadi pegawai di Kementerian Agama, seperti Pasaman Barat, untuk menginput data-data capaian kinerja yang telah terealisasi. Dengan demikian, pegisian format yang ada dalam aplikasi SIPKA menjadi alat ukur capaian kinerja seluruh unit kerja.


“Melalui aplikasi SIPKA, data capaian kinerja setiap unit eselonisasi, khususnya di lingkungan Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, dapat terintegrasi secara jelas dan tepat. Diharapkan dapat menggolkan Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Agama, sesuai jangka waktunya”, kata Kepala Kamenterian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur, usai memimpin rapat internal d aula instasi vertikal itu, Simpang Empat, Selasa (11/1) siang.


Rapat khusus yang dipimpin kepala kantor, dipandu Kasubbag Tata Usaha, Sufrinas, diikuti para Kasi, Penyelenggara Zakat dan Wakaf, Asriwan, pemangku Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) dengan pemangku Jabatan Fungsional Umum (JFU) di lingkingan Kantor Kementerian Agama Pasaman Baat


Aplikasi ini, ulasnya, secara otomatis dapat mendorong optimalisasi penyerapan anggaran dan tercapainya sasaran kinerja setiap aparatur di lingkungan Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat. Pengusian SIPKA dan laporan kinerja secara pribadi bagi pegawai negeri, bisa dilakukan tepat sasaran, sesuai rentang waktu yang ditentukan.


Muhammad Nur, berharap, aplikasi SIPKA ini dapat lebih dikelola dan dikembangkan setiap aparatur, agar dapat diakses. Yang memantau dan melihat laporan kinerja setiap aparatur, apakah JFT atau JFU, bukan saja atasan langsung, sesuai unit kegiatannya, tapi pimpinan lembaga atau kepala kantor.


Agar pengisian kegiatan dari sasaran kinerja yang dibuat ke dalam format laporan kinerja tertata dengan maksimal, ingat kepala kantor, mulai bulan Januari 2022, setiap aparatur menyiapkan laporan selanjutnya menyerahkannya kepala atasa langsung masng-masing, dilasanakan setiap akhir kerja hari jumat, pada setiap minggunya.


Dalam pengisian laporan atas sasaran atau capaian yang diisi setiap akhir kerja hari jumat pada setiap minggunya, kepala kantor, seperti dikutif Sufrinas, akan diadakan pelatihan khusus bagi aparatur Kantor Kemenetrian Agama Pasaman Barat, yang belum mahir memanfaatkan fasilitas teknologi dan informasi, apakah komputer atau laptop.


Ke depan, tambahnya, tidak ada alasan lagi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), terutama bagi PNS tidak bisa memanfaatkan fasilitas Teknologi dan Informasi (TI) dimaksud. Untuk itu, selagi masih ada waktu dan kesempatan, belajar, berlatih serta praktiklah memanfaatkan fasilitas TI dimaksud dengan maksimal. ***gmz/ iz


iklan
×
Berita Terbaru Update