-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kepala Kantor Kemenag Pasbar Pimpin Rapat SPIP

Tuesday, January 11, 2022 | Tuesday, January 11, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-01-11T13:06:58Z
iklan

 

Rapat  Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) Pasaman Barat


Pasaman Barat, smartsumbar.com ----Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) adalah tanggungjawab manajemen dan merupakan aspek fundamental untuk keberhasilan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel. Untuk itu, pimpinan lembaga/pemerintah bertanggungjawab atas efektivitas penyelennggaraan SPIP dimaksud.


Selain itu, SPIP merupakan proses integral pada tindakan atau kegiatan kelembagaan, yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan bersama aparatur di institusinya. Hal ini, dalam rangka memberi keyakinan yang memadai atas tercapainya tujuan organisasi, melalui kegiatan efektif dan efisien, sesuai programkerjanya.


Selain kepala kantor yang meminpin kegiatan, dan dipandu Kasubbag Tata Usaha, Sufrinas, rapat SPIP secara internal se jajaran Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat itu, juga diikuti Kasi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam, Ronaldi, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Suharjo, Plt. Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad), Bakrizal, dan Penyelenggara Zakat Wakaf, Asriwan.


Berdasarkan Peraturan Pemeritah (PP) Nomor 60 Tahun/2008 tentang SPIP, memiliki lima unsur sistem pengendalian, yaitu Satu. Lingkungan pengendalian, Dua. Penilaian resiko, Tiga.Kegiatan pengendalian, Empat. Informasi dan komunikasi, dan Lima. Pembantauan pengendalian intern, kata Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur, dihadapan peserta rapat.


Diuraikan Muhammad Nur, sistem pengendalian intern yang diselenggarakan secara menyeluruh pada setiap tahunnya, mencakup setiap instansi pemerintah pusat, melalui kementerian/lembaga, seperti Kementerian Agama, pemerintah daerah (provinsi dan kabuaten/kota). Maka Inspektorat Jenderal Kemeterian Agama, bertugas melaksanakan pengawasan secara intern di wilayah kerja instansi vertikal bersangkutan


Sistem pengendalian intern, ulasnya, proses integrasi pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus bagi pimpinan bersama pegawainya untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan kelembagaan secara internal, melalui kegiatan yang efektif dan efisien di lembaga bersangkutan.


Manfaat dari penatakelolaan SPIP, seperti di Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, kata Muhammad Nur, mencakup pelaksanaan  aktivitas organisasi (Kantor Kementeran Agama Pasaman Bara), membantu dalam hal pengamanan aset (terkait terjadinya kecurangan atau fraud, pemborosan dan salah penggunaan).


Pada penerapannya, SPIP akan menghasilkan keandalan laporan keuangan, pengamanan aset atau Barang Milik Negara (BMN), dan ketaatan penanggungjawab bersama pengelola terhadap peraturan perundang-undangan. Yang dituntut dalam penerapan SPIP adalah tanggung jawab management, sebagai aspek fundamental untuk keberhasilan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel.


Hal itu, dapat dilaksanakan dengan cara melakukan penguatan penyelenggaraan SPIP, melalui kegiatan pengawasan intern atas pelaksanaan tugas dan fungsi termasuk pengelolaan keuangan negara. Melaksanakan pembinaan penyelenggaraan SPIP dengan melakukan pengawasan intern, berupa audit, reviu, evaluasi, pemantauan dan kegiatan pengawasan lainnya.


Kasubbag Tata Usaha, Sufrinas, menjelaskan, rapat SPIP yang berlangsung sekitar dua jam itu, diikuti sebanyak 40 orang. Kegiatan ini mendukung program Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat tentang penerapan SPIP. Hal ini, sesuai PP Nomor 60 tahun 2008, Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 24 tahun 2011, dengan tujuan terciptanya laporan keuangan dan diraihnya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)


Agar penerapan SPIP berjalan maksimal, dan seluruh aparatur mengetahui, memahami sekaligus bisa mengablikasikannya pada setiap kegiatan, tambah Sufrinas, kepala kantor, Kasubbag, dan para Kasi juga akan menindaklanjuti kegiatan ini, dengan melaksanakan rapat secara internal di unit kegiatan masing-masing. ****gmz/ iz


iklan
×
Berita Terbaru Update