-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kabag Kesra dan Kasi PHU, Bahas Pemberangkatan CJH

Kamis, 12 Mei 2022 | Kamis, Mei 12, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-12T09:07:46Z
iklan

Kabag Kesra dan Kasi PHU, Rapat Perdana Persiapan Haji

 

Pasaman Barat, smartsumbar.com – Kendati kur’ah atau rapat penetapan kelompok terbang (Kloter) setiap daerah (kabupate dan kota), serta penetapan jadwal penerbangan jemaah calon haji (JCH), seperti dari Pasaman Barat belum keluar. Namun, Kamis (12/5) dilaksanakan rapat awal persiapan pemberangkatan JCH tahun 2022.

 

Rapat perdana persiapan pemerangkatan JCH, dilaksanakan antara Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Pasaman Barat, Harta Sani, bersama timnya, dengan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama, Suharjo, diikuti Pranata Humas Ahli Muda, Gusmizar di ruang Saksi PHU, Simpang Empat.

 

Dari rapat awal persiapan pemberangkatan dari Pasaman Barat ke Asrama Embarkasi/Debarkasi Haji di Batang Anai Kabupaten Padangpariaman dicatat, perkiraan jemaah dari 11 kecamatan se Pasaman Barat akan berada di Simpang Empat antara tanggal 5 dan 6 Juni 2022. Selanjutnya dilepas keberangkatannya di halaman kantor bupati, Simpang Empat.

 

Acara melepas secara resmi dari Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dilaksanakan saat acara manasik haji massal, dua hari sebelum jemaah diberangkatkan dari Simpang Empat menuju Asrama Haji Embarkasi/Debarkasi Padang di Pasar Usang, Padangpariaman.

 

Kabag Kesra, Harta Sani, bersama Kasi PHU, Suharjo, menjelaskan, karena jemaah dari setiap kecamatan se Pasaman Barat tidak menginap di Simpang Empat, maka tanggal 5 atau 6 setelah shalat subuh jemaah telah berada di halaman kantor bupati, selanjutnya dilepas bupati dan masing-masing JCH menaiki bis yang disiapkan.

 

Setelah seluruh jemaah meninggalkan Simpang Empat dan Pasaman Barat, jelas Harta Sani, dikuatkan Suharjo, di komplek Mesjid Taqwa Muhammadiyah Tiku, rombongan istirahat selanutnya sarapan pagi bersama dalam kawasan mesjid itu. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju Asrama Haji Embarkasi-Debarkasi Haji Padang di Pasar Usang Padangpariaman.

 

Kasi PHU Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat itu menguraikan, jemaah yang diberagkatkan ke tanah suci tahun 1443 atau 2022, dan berasal dari 11 kecamatan se Pasaman Barat sebanyak 171 orang. jumlah ini,  merupakan setengah dari kuota haji kabupaten yang menurut idealnya akan diberangkatkan di tahun 2022.

 

Karena pande virus corona atau Covid-19 belum minggat dari negeri ini, papar Suharjo, pemerintah kerajaan Arab Saudi, menetapkan jemahaam yang akan melaksanakan perjalanan ibadah haji tahun 2022 dari berbagai penjutu dunia hanya satu juta orang. Untuk Sumatera Barat hanya 2.900 orang lebih, dan Pasaman Barat hanya 171 orang. (gz/irz)

iklan
×
Berita Terbaru Update