-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Beberapa Peristiwa Penting di Bulan Dzulhijjah

Sabtu, 09 Juli 2022 | Sabtu, Juli 09, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-09T16:52:44Z
iklan

GUSMIZAR 


Oleh: Gusmizar, S. Ag

Pranata Humas Ahli Muda Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat 


DZULHIJJAH, salah satu dar bulan hijriah, dikenal sebagai bulan mulia. Di dalamnya terdapat beberapa peristiwa juga sejarah penting, wajib diketahui, difahami dan ditunaikan setiap umat Islam. Selain waktu pelaksanaan ibadah haji bagi umat Islam yang memiliki kemampuan.


Dalam bulan Dzulhijjah, juga dilaksanakan hari raya Idul Adha, yaitu satu dari beberapa peringatan hari besar Islam, yang dilaksanakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Usai shalat Idul Adha di lapangan atau mesjid, umat Nabi Muhammad Saw,, juga melaksanakan penyembelihan hewan kurban di tempat yang ditentukan.


Selain beberapa hal yang penting atau keutamaan beribadah di bulan yang terakhir di bulan hijriah, seperti di tahun 1443 / 2022. Terdapat sejumlah kejadian penting, dalam sejarah umat Islam juga terjadi di bulan Dzulhijjah, pada setiap bulannya.

 

Memasuki bulan Dzulhijjah, seperti tahun 1443 Hijriah atau 2022 ini berikut Sembilan kejadian penting di penghujung tahun Hijriyah, jika setiap umat mempelajari, haham dan mengambil pelajaran dari peristiwa penting di bulan mulia Dzulhijjah, tentu akan menambah wawasan, ilmu pengetahuan, dan menjadikan diri seorang menjadi muslim sejati.

 

Beberapa peristiwa penting itu adalah, Satu.*Nabi Adam AS diampuni Allah Swt*

Nabi Adam yang telah melakukan kesalahan dengan memakan buah terlarang diturunkan Allah SWT dari surga ke bumi bersama istrinya Hawa.

Pada tanggal 1 Dzulhijjah, kesalahan dua insan yang pertama kali menginjak bumi itu diampuni oleh Allah SWT.

Seperti halnya kisah Nabi Adam, yang digoda Iblis. Barang siapa yang dipuja pada tanggal 1 Dzulhijjah akan diampuni dosa-dosa kecilnya oleh Allah Swt.

 

Dua. *Nabi Yunus, dikeluarkan dari dalam perut Ikan*

Di dalam perut ikan tersebut, Nabi Yunus melantunkan doa yang diabadikan dalam Al-Qur'an hingga Allah SWT mengabulkan doa itu pada tanggal 2 Dzulhijjah dan mengembalikan Nabi Yunus ke daratan.

Oleh karena itu, pahala bagi siapa yang mandi pada tanggal 2 Dzulhijjah mendapat pahala yang sebanding dengan puasa selama setahun tanpa mendurhakai Allah SWT.

 

TIGA. *Doa Nabi Zakaria Dikabulkan*Nabi Zakaria pantang menyerah untuk berdoa kepada Allah Swt. agar istrinya yang melahirkan seorang putra.

Berkat kesabaran dan kegigihan Nabi Zakaria dalam menghadapi ujian, Allah SWT akhirnya mengabulkan doa Nabi Zakaria itu pada tanggal 3 Dzulhijjah saat umurnya sudah 120 tahun. Oleh karena itu, barang siapa yang mandi pada tanggal 3 Dzulhijjah, Allah SWT dapat mengabulkan segala permintaannya.

 

EMPAT. *Maryam Melahirkan Nabi Isa AS*Malaikat Jibril telah mengabarkan kepada Maryam dalam surat Ali Imran ayat 42-47 bahwa dia akan melahirkan anak laki-laki yang suci.

Maryam awalnya terkejut, saat pertama kebenaran hadits malaikat Jibril terbukti dengan kehamilannya dan ia pun dicemooh oleh masyarakat.

Tanggal 4 Dzulhijjah, Nabi Isa, lahir dan barang siapa pun yang kenal pada tanggal tersebut, Allah menghilangkan segala kehidupan dan kefakirannya serta mengumpulkannya bersama orang-orang yang mulia di hari hari kelak.

 

LIMA. *Nabi Musa Lahir dan Diasuh di lingkungan kaum Fir'aun*.S

ebagaimana diketahui, Nabi Musa lahir pada saat Fir'aun menerapkan kebijakan untuk membunuh semua anak laki-laki di Mesir.

Ibu Nabi Musa yang melahirkannya pada tanggal 5 Dzulhijjah menghanyutkan Nabi Musa di sungai Nil dan kemudian ditemukan oleh Asiyah, istri Fir'aun.

Barang siapa yang mandi pada tanggal 5 Dzulhijjah akan dihindarkan dari siksa kubur dan sifat munafik.

 

ENAM. *Pintu Kebaikan Dibukakan Allah Swt kepada Nabi Muhammad Saw*Allah Swt. membukakan pintu kebaikan kepada Rasulullah SAW pada tanggal 6 Dzulhijjah. Oleh karena itu, barang-barang siapa saja di tanggal tersebut akan terhindar dari siksa selama-lamanya dan Allah akan menurunkan rahmat untuknya.

 

TUJUH. *Pintu-Pintu Neraka Ditutup dan Tidak Terkunci*

Pada tanggal 7 Dzulhijjah, pintu-pintu neraka ditutup dan dikunci oleh Allah Swt dan dibuka kembali setelah tanggal 10 Dzulhijjah. Barang siapa yang mengejutkan pada tanggal 7 Dzulhijjah, ia akan terhindar dari 30 pintu mudah dan dibukakan 30 pintu mudah.

 

DELAPAN. *Allah Swt, Perintahkan Nabi Ibrahim untuk Membangun Ka'bah*

Pada tanggal 8 Dzulhijjah, Allah Swt memerintahkan pembangunan Ka'bah kepada Nabi Ibrahim setelah diselesaikan dengan Nabi Ibrahim, apakah yang mendapat pahala atau tidak.

 

Oleh karena itu, 8 Dzulhijjah dikenal sebagai yaum al-tarwiyah yang artinya hari tanggal dan berpikir. Pada tanggal itu pula, Nabi Ibrahim gagasan tentang mimpinya menyembelih Nabi Ismail, apakah itu berasal dari Allah SWT dan hanya godaan setan.

Barang siapa yang diberkati pada tanggal 8 Dzulhijjah, Allah SWT akan memberinya pahala dengan nilai yang hanya diketahui Allah SWT.

 

SEMBILAN. *Nabi Ibrahim yakin Mimpinya dari Allah Swt*

Pada tanggal 9 Dzulhijjah, Nabi Ibrahim akhirnya yakin bahwa mimpinya adalah perintah dari Allah SWT dan Nabi Ismail pun merelakan dirinya jika itu memang datang dari Allah. Hari itu disebut sebagai Arafah karena tempat Nabi Ismail yang hendak didisembelih Nabi Ibrahim Mulya Arafah.

 

Barang siapa yang merayakan pada hari tersebut, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya selama setahun lalu dan setahun yang akan datang. (*)

.... Dari berbagai sumber..

iklan
×
Berita Terbaru Update