-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Pemnag Muara Kiawai, Laksanakan MTQ

Kamis, 21 Juli 2022 | Kamis, Juli 21, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-21T08:57:43Z
iklan

LOMBA DI ARENA MTQ MUARA KIAWAI 



Pasaman Barat, smartsumbar.com  - Pemerintah Nagari Muara Kiawai, Gunung Tuleh,  Pasaman Barat, Kamis (21/7) laksanakan MTQ (Musyabaqah Tilawatil Quran) tahun 2022, dipusatkan di Mesjid Taqwa Kampung Alang, dan kegiatannya dilaksanakan ti tiga lokasi di wilayah Jorong Kampung Alang.


Selain Mesjid Taqwa Kampung Alang, sebagai pusat kegiatan MTQ, pelaksanaan musyabaqah Tilawatil Quran tingkat Kenagarian Muara Kiawai, digelar di mesjid Taqwa Kampung Alang, SD Negeri Jorong Kampung Alang, dan musholla di kejorongan itu. Di masing-masing lokasi, ditampilkan cabang yang telah dipersiapkan ditetapkan.


Pj. Walinagari Muara Kiawai, Roni Siswanto, menjelaskan, selain membiasakan warga, terutama generasi penerus membumikan bacaan ayat-ayat Al-Qur'an di tengah masyarakat, dan menindaklanjuti program pemerintah daerah Pasaman Barat, dalam hal pelestarian.nilai-nilai Qurani, mulai tingkat dusun, jorong, nagari, kecamatan hingga ke tingkat kabupaten.


Tujuan diselenggarakan musyabaqah saat ini, ulasnya, juga dalam rangka mempersiapkan kafilah Kecamatan Gunung Tuleh, menghadapi MTQ Nasional tingkat kabupaten di Kecamatan Parit Koto Balingka, beberapa waktu ke depan.


Sesuai urutannya, terang Roni, MTQ Nasional tingkat kabupaten di Kecamatan Parit Koto Balingka tersebut, merupakan urutan 11 atau terakhir, sesuai jumlah kecamatan yang ada.


Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Gunung Tuleh, Jufri, pelaksanaan MTQ Nasional tingkat kabupaten selanjutnya, kata Kasi ketentraman dan Ketertiban (Trantib) pemerintah kecamatan itu, yang akan menjadi tuan rumah, kembali ke Kecamatan Pasaman di kawasan Simpang Empat dan sekitarnya.


Melalui MTQ hari ini, Jufri, berharap, akan ada peningkatan kualitas, kompetensi, dan prestasi yang diraih peserta MTQ tingkat kenagarian ini . Untuk tingkat kecamatan, tentu akan disikapi pihak pemerintah kecamatan, termasuk kesiapan dari pemerintah Kenagarian Muara Kiawai.


Kenagarian Muara Kiawai, tambahnya, merupakan salah satu dari dua nagari induk yang berada di Kecamatan Gunung Tuleh. Untuk penentuan kafilah Kecamatan Gunung Tuleh pada MTQ Nasional tingkat kabupaten di Kecamatan Parit Koto Balingka nantinya adalah gabungan dari dua kenagarian yang ada di tingkat kecamatan.


Sekretaris Nagari Muara Kiawai, Nofitra, mengakui sebagai ajang syiar Islam dan membumikan ayat-ayat Al-Qur'an di tengah masyarakat, MTQ adalah agenda rutin dan dilaksanakan secara terjadwal dan terprogram,  mulai tingkat kejorongan, kenagarian, kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga ke tingkat nasional.


Artinya, jelas Seknai, yang dikuatkan salah seorang dewan hakim, Edi Halomoan, sebagai instansi pemerintah yang bertugas melaksanakan pembangunan nasional di bidang keagamaan. Pihaknya selalu siap melakukan koordinasi, kerjasama, dan dalam bentuk lain, sehingga siar Islam dan pelaksanaan moderasi beragama di Kecamatan Gunung Tuleh, melalui dua nagari di dalamnya mendukung semaraknya syiar Islam di kecamatan ini ke depan.


Camat Gunung Tuleh, Muhammad Ghor, pada kesempatan itu menyampaikan, salah satu sasaran dari dilaksanakannya MTQ Nasional tingkat nagari dan kecamatan, seperti di Kenagarian Muara Kiawai saat ini adalah, seleksi peserta sekaligus menjadi utusan Gunung Tuleh pada pelaksanaan MTQ Nasional tingkat kabupaten di Kecamatan Parit Koto Balingka, beberapa waktu ke depan. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update