-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Ponpes Darul Hadits Pasaman Barat, Terus Menata Dirinya

Rabu, 27 Juli 2022 | Rabu, Juli 27, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-27T11:07:31Z
iklan

Ponpes Darul Hadits Pasaman Barat 



Pasaman Barat, smartsumbar.com – Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Hadits Pasaman Barat, berlokasi di Air Rau, Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, kian hari terus berbenad dan berkembang. Hingga saat ini, santri yang diasuh di empat satuan pendidikan di lingkungan pesantren kebanggan daerah bersama masyaraat itu berjumlah 627 orang.


Pimpinan Ponpes Darul Hadits Pasaman Barat, Ustad Nasri, melalui telepon selular (Ponsel)-nya dari Air Rau Kinali, menjelaskan, keempat satuan (unit) pendidikan yang dikelola Ponpes Darul Hadits Pasaman Barat adalah, Satu. Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT). Lemaga pendidikan dasar ini mulai beroperasi di tahun pelaharan 2022-2023, dengan siswa perdananya 19 orang.


Dua. Tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs), peserta didiknya mencapa 285 orang, Tiga. Pendidikan Diniyah Formal (PDF) atau setingkat pendidikan tingkat wustha atau Sekolah Menengah Pertama (SMP) peserta didiknya mencapai 217 orang, Empat. Lemaga pendidikan tingkat Madrasah Aliyah (MA) untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 22 orang, dan jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), diikuti 84 orag.


Dijelaskan Ustad Nasri, mulai dioperasionalkannya Ponpes Darul Hadits Pasaman Barat di Jorong Air Rau, Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, para santri yang megikuti proses pembelaran di lembaga pedidikan khas pondok pesantren ini buka saja dari warga Kecamatan Kinali, dan beberapa kecamaan lain di Pasaman Barat, tapi termasuk dari luar kabupaten.


“Alhamdulilah, secara terus menerus dan berkesinambungan, pengelola dengan segenap warga Ponpes Darul Hadits Pasaman Barat terus berbenah. Mulai pertengahan Juli 2022 ini, di lembaga pendidikanya telah berdiri asrama putera baru. Asrama untuk santri putera dan berada dalam komplek Ponpes bisa menampung 200 orang santri”, katanya menjelaskan.


Ke depan, tambah Nasri, atas nama priadi bersama keluarga besar Ponpes Darul Hadits Pasaman Barat, minta sumbang saran, kritikan membangun, pandangan positif dan hal-hal berkeitan dengan kemajuan serta pengembangan Ponpes ini ke depan. Tanda kerjasama, dukungan dan partisipasi semua pihak, Darul Hadits Pasaman Barat akan fakum. (gmz)
iklan
×
Berita Terbaru Update