-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Siswa Baru Madrasah, Ikuti Matsama

Rabu, 13 Juli 2022 | Rabu, Juli 13, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-13T10:37:21Z
iklan

Matsama di MTsN 4 Pasaman Barat, Simpang Empat 

 


Pasaman Barat, smartsumbar.com – Seiring dimulainya tahun pelajaran baru (2022-2023) dan siswa baru di setiap lembaga pendidikan, khususnya madrasah di lingkungan Kementerian Agama, agenda pertama yang dihadapi peserta didika baru pada masing-masing madrasahnya adalah Matsama (Masa Taaruf Siswa Madrasah).


Plt. Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Bakrizal, di ruang kerjanya, Rabu (13/7) menyampaikan, setiap tahun pelajaran baru, mulai tingkat Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN), Madrasah Tsnawiyah Negeri (MTsN), dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) selalu aktif melaksanakan Matsama.


Melalui Matsama inilah, katanya, peserta didik baru akan mengenal atau dikenalkan tentang hal-hal yang berkaitan dengan sistem pembelajaran, ciri khas, karakter dan budaya yang berada di lingkungan madrasah. Melalui Matsama selama beberapa hari dimaksud, setiap siswa baru mengenal, mengetahui dan mengikuti proses pembelajaran di masa selanjutnya.


Di Pasaman Barat, jelas Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat itu, terdapat 15 madrasah dari tiga jenjang pendidikan negeri, dan tersebar di setiap kecamatan. Ke-15 madrasah itu adalah, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) sebanyak 2 lembaga, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 7 lemaga, dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 6 lembaga.


Secara keseluruhan, terangnya, mulai hari ini (Rabu-red) peserta didik baru di setiap jenjang pendidikan, seperti di Pasaman Barat, memulai mengayunkan tangan dan menginjakkan kaki masing-masing di madrasah bersangkutan, apakah di MIN, MTsN, atau MAN. Pada hari ini pula, siswa baru mengikuti Matsama, sesuai jadwal dan program yang dipersiapkan.


Karena Matsama adalah kegiatan kesiswaan, ulas Bakrizal lagi, maka bertindak sebagai panitia kegiatan adalah pengurus Organisasi Siswa Intra Madrasah (Osim), dibina sekaligus mendapat bimbingan dari guru pengasuh, dan mendapat pembinaan dari wakil kepala madrasah bidang kesiswaan di madrasah bersangkutan.


Plt. Kepala MAN 1 Pasaman Barat, Barunggam, melalui telepon selular (Ponsel) dari madrasahnya dii Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, menjelaskan, siswa baru yang akan mengikuti proses pembelajaran di MAN 1 Pasaman Barat, dan mulai hari ini (Rabu-red) mengikuti Matsama di tahun ajaran 2022-2023 sebanyak 209 orang, dengan enam rombongan belajar. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update