Mahasiswa Baru UM Sumatera Barat, Ikuti Masta -->

Iklan Semua Halaman

Mahasiswa Baru UM Sumatera Barat, Ikuti Masta

Wednesday, September 28, 2022

Rektor UM Sumatera Barat, Riki Saputra 


Padang, smartsumbar.com - Rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat, Riki Saputra, Rabu (28/9) menyebut mahasiswa barunya dengan Sang Pencerah, judul sebuah film yang berkisah tentang perjuangan pendiri Muhammadiyah KH. Ahmad Dahlan, sebagai pertemuan perdana antara pihaknya dengan mahasiswa barunya.


“Selamat datang generasi muda sang pencerah, selamat datang di kampus yang akan mencetak pemimpin umat dan bangsa,” kata Riki Saputra , saat membuka Masa Taaruf (Masta) mahasiswa baru, Tahun Akademik 2022/2023, di Hall Convention Prof. Dr. Ahmad Syafii Maarif, MA, kampus I Padang.


Rektor UM Sumatera Barat, melalui Kabag Humas, Hendri Navigator dalam siaran persnya, Rabu (28/9) jelaskan,

Masta mahasiswa UM Sumbar kali dilaksanakan secara luring (luar jaringan) dan diikuti mahasiswa baru peserta yang berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Barat, Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Aceh, Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Jambi, dan Lampung.


Dijelaskan Rektor,  mulaii pembukaan Masta selama tiga hari ini para mahasiswa baru sudah diakui sebagai mahasiswa. Dengan demikian, masing-masing mahasiswa sudah jadi masyarakat ilmiah dan jadi bagian dari civitas akademika UM Sumatera Barat. Untuki itu, mulai hari ini sudah diberikan tuntut, agar menentukan arah masa depannya masing-masing.


"Jika sudah disematkan sebagai masyarakat ilmiah UM Sumatera Barat, Maka kemampuan, dan soft skiil, menjadi ciri khas adalah Al-Islam dan kemuhammadiyahan. Baik dalam bertutur kata, bersikap sopan santun, dan sebagainya. Inilah bagian yang diterapkan hingga menjadi watak dan karakter yang baik", kat Riki Saputra.


Rektor muda ini berpesan untuk menjadi siapun di masa depan, ditentukan mulai hari ini, sebagai mahasiswa UM Sumatera Barat hingga dinyatakan lulus dan diwisua pada waktunya. Manfaatkan masa kuliah untuk sukses.  Mahasiswa merupakan "agent of change", maka dituntut mengedepankan pemikiran rasionalitas, dan pemikiran-pemikiran yang ada nilai manfaat untuk masyarakat.


Ketua Panitia Masta UM Sumatera Barat, Ilham, mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah pengenalan bagi mahasiswa baru tentang persyarikatan Muhammadiyah, lebih mengenal dan memahami lingkungan kampus, serta saling beradaptasi antar sesama mahasiswa baru dilingkungan UM Sumatera Barat.


Turut hadir dalam kegiatan ini Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM), Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA), Badan Pembina Harian UM Sumatera Barat, ketua Senat UM Sumatera Barat, direktur Pasca Sarjana, dekan, ketua lembaga, ketua Unit Pelaksana Teknis, Lembaga Kemahasiswaan tingkat Universitas, dan pimpinan organisasi otonom Muhammadiyah.(gmz)