-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Talamau, Gembali Diguncang Gempa

Rabu, 28 September 2022 | Rabu, September 28, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-28T07:25:59Z
iklan

Lokasi Gempa Pasaman Barat 



Pasaman Barat, smartsumbar.com - Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, kembali diguncang gempa vulkanik dan getarannya dirasakan. sekitar pukul 10.46.35 Wib hari Rabu, 28 September 2022 gempa tektonik terjadi di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.


 Hasil analisis BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika) Padangpanjang, menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M=4.5 Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0.17 LU dan 99.86 BT atau tepatnya berlokasi di Darat pada 12 km TimurLaut Pasaman Barat, Sumbar pada kedalaman 10 km. 


Jenis gempa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya terjadi hari ini, merupakan jenis gempabumi dangkal akibat sesar aktif segmen di Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, jelas Kepala BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) Padangpanjang, Saudi Ahadi, melalui siaran pers, Rabu siang.

    

Dampak gempabumi ini, guncangan gempabumi ini dirasakan di Pasaman Barat dan Pasaman Timur II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu.). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. 

    

Gempabumi susulan di hari yang sama terjadi sekitar pukul 11.00 WIB tercatat belum adanya gempabumi susulan. Seiring hal itu, kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa sebelum kembali ke dalam rumah. 

    

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG, dan disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram chanel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg, kata Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang, Suaidi Ahadi. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update