-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Dinkes Pasaman Barat, Gelar Pertemuan Penguatan UKS/M

Selasa, 27 September 2022 | Selasa, September 27, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-27T14:05:06Z
iklan

 W

Kepala Kantor, Muhammad Nur, Pemateri Penguatan UKS/M



Pasaman Barat, smartsumbat.com - Dinas Kesehatan Pasaman Barat, Selasa (27/9), melaksanakan pertemuan penguatan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) di Hotel Guchi Simpang Empat. Hadir sekaligus pemateri pada kesempatan itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur, diikuti Pranata Humas Ahli Muda, Gusmizar.


Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Barat, diwakili Kepala Bidang (Kabid) Promosi Kesehatan (Promkes), Mitha Julia Fitrinasari, menjelaskan, selain menjadi agenda rutin dan dilaksanakan secara terprogram. Pertemuan penguatan UKS/M di Hotel Guchi Simpang Empat ini, merupakan upaya dan komitmen Dinas Kesehatan, mewujudkan terlaksana sekaligus berjalannya program usaha kesehatan sekolah dan madrasah di setiap lembaga pendidikan se Pasaman Barat.


Dijelaskan Mitha, nama atau sapaan akrab dari Mitha Julia Fitrinasari, program UKS/M adalah upaya terpadu lintas program dan lintas sektoral dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan di kalangan generasi penerus bangsa, terutama para siswa dari berbagai lembaga pendidikan yang ada, seperti di Pasaman Barat.


Keberhasilan pembinaan dan pengembangan usaha kesehatan bagi peserta didik di setiap sekolah/madrasah (UKS/M), khususnya di Pasaman Barat, terlihat dan perilaku hidup bersih dan sehat bagi peserta didik atau warga sekolah dan madrasah, jelas Kabid Promkes Dinas Kesehatan Pasaman Barat itu.


Seiring hall itu sekaligus komitmen bersama lintas sektoral, katanya lagi, Dinas Kesehatan dan Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Puskesmas di kecamatan bekerjasama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) dan lembaga pendidikan, sekolah atau madrasah di wilayahnya melestarikan program UKS/M di setiap lembaga pendidikan yang ada.


Program peningkatan perilaku bersih dan sehat (PHBS) bagi peserta didik di setiap sekolah atau madrasah, kata Mitha,   perlu dilakukan sedini mungkin. Agar program UKS/M secara terpadu, terencana, terarah dan terkoordinasi berjalan, sesuai ketentuan dan peraturan bersama tiga menteri, yaitu Menteri Kesehatan, Menteri Agama, dan Kementerian Dalam Negeri.


Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur, melalui materinya, menjelaskan, sebagai pelaksana pembangunan bidang keagamaan, khususnya di Pasaman Barat, pihaknya selalu siap menjalankan program kerjasama dengan lintas sektoral, apakah dengan jajaran Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk Capil), bersama jajaran Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Ana (DP2KBP3A) Pasaman Barat, sebagai mitra kerja dan saling bersinergi antara satu sama lainnya.


Pada pelaksanaan program kemitraan yang dimaksud, kata kepala kantor itu lagi, KUA secara terprogram melaksanakan program Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS) terhadap peserta didik di sekolah atau madrasah. Khusus bagi calon pengantin (Catin), ada program bimbingan perkawinan (Bimwin), dan beberapa program yang kegiatan itu bisa dilaksanakan secara bersama.


Pertemuan penguatan UKS/M di Hotel Guchi Simpang Empat ini, diikuti sebanyak 40 orang. Mereka adalah bidan dan perawat yang bertugas di Puskesmas dari 11 kecamatan se Pasaman Barat, mulai dari Kecamatan Kinali, Luhak Nan Duo, Sasak Ranah Pasisir, Talamau, Pasaman, Gunung Tuleh, Sungai Aur, Lembah Melintang, Parit Koto Balingka, Sungai Beremas, dan Kecamatan Ranah Batahan. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update