-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kwarwil GKHW Sumatera Barat, Bahas Pendirian GKHW di Madrasah

Minggu, 16 Oktober 2022 | Minggu, Oktober 16, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-17T16:27:13Z
iklan

Ketua Kwarwil GKHW di MTs Muhammadiyah Kurai Taji 


Pariaman,  smartsumbar.com - Kwarwil GKHW (Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan) Sumatera Barat, Sabtu (15/10) lakukan sosialisasi tentang tata cara pembentukan GKHW di sekolah atau madrasah yang dikelola organisasi bersama warga Muhammadiyah, seperti di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah Kurai Taji, Pariaman.


Ketua Kwarwil GKHW Sumatera Barat, Apris, pada kesempatan itu, menjelaskan, GKHW bagi Muhamadiyah secara nasional, mulai tingkat pusat, wilayah, daerah, cabang dan ranting, salah satu organisasi otonom (Ortom). Dan secara keorganisasian GKHW dilengkapi struktur kepengurusan, sesuai tingkat kepengurusan organisasi yang dimaksud.


Struktur kepengurusan GKHW, jelas Apris, diatur dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga GKHW, mulai tingkat Kwarnas, Kwarwil, Kwarda, Kwarcab, dan struktur kepengurusan GKHW di tingkat ranting atau Kwarran. Aktivitas dan pemberdayaan program keorganisasian serta pelaksanaan gerakan kepanduannya, dilaksanakan secara organisasi dan di setiap lembaga pendidikan yang dikelola Muhammadiyah, pada setiap satuan pendidikan.


Di lembaga pendidikan yang di dalamnya ada gerakan kepanduan Hizbul Wathan, kegiatan dan program kerjanya, persis sama dengan kegiatan yang dilakukan pengurus bersama aktifis kepramukaan di setiap lembaga pendidikan umum dan agama, mulai tingkat SD/Madrasah Ibtidaiyah (MI), SMP atau MTs, dan tingkat SMA, SMK dan Madrasah Aliyah (MA), termasuk di jenjang perguruan tinggi, seperti sekolah tinggi, institut, akademi atau universitas.


Idealnya, ulas mantan anggota DPRD Kota Padang, dan DPRD Sumatera Barat itu, secara prinsip GKHW, menurut idealnya ada sekaligus aktif di setiap lembaga pendidikan (sekolah atau madrasah), program dan kegiatannya hampir sama dengan agenda kepramukaan. Program kepramukaan yang dimaksud biasa dan rutin dilaksanakan di setiap lembaga pendidikan, apah berupa sekolah, mulai tingkat SD, MTs


Sementara itu Ketua PD Muhammadiyah Kota Pariaman, Hasan Basri, harapkan sosialisasi dan konsolidasi GKHW, khusus di Pariaman, benar benar menjadi perhatian bagi seluruh kepala sekolah dan madrasah yang dikelola Muhammadiyah di Kota Tabut ini.


Selain Apris, rombongan Kwarwil Sumatera Barat ke PD Muhammadiyah Pariaman, juga diikuti, Wakil Ketua, Hendri Navigator, Adlis Jayaputra,  Arif Budiman, Sekretaris, dan Lilik Suprapto, wakil Sekretaris. Hadir dan turut  pula bersama rombongan memberikan sosialisasi ketua Mdmc Marhadi Efendi, Ketua Majelis Hukum dan HAM PW Muhammadiyah Sumatera Barat, Boiziardi, dan Sekretaris Majelis Tabligh, Syamsurijzal. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update