-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Pengurus Kwarda Pasaman Barat, Dilantik

Rabu, 05 Oktober 2022 | Rabu, Oktober 05, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-05T09:44:23Z
iklan

Pengurus Kwarda GKHW Pasaman Barat, Usai Dilantik 


Pasaman Barat, smartsumbar..com - Ketua Kwarwil GKHW,(Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan) Muhamadiyah Sumatera Barat, Apris, melantik dan mengukuhkan pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) GKHW Pasaman Barat di Mesjid Taqwa Muhammadiyah Air Bangis, Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Pasaman Barat.


Ketua Kwarwil HKHW Muhamadiyah Sumatera Barat, Apris, Rabu (5/10) menyampaikan, GKHW atau akrab disebut  Hizbul Wathan Muhammadyah, seperti di Pasaman Barat, merupakan salah satu organisasi otonom (Ortom) Muhamadiyah yang aktivitas sekaligus kegiatan melekat di lembaga pendidikan Muhammadiyah, seperti di Sumatera Barat atau Pasaman Barat lebih khusus.


GKHW, terang Apris lagi, hampir bersamaan dengan aktivitas dan program organisasiotonom Muhammadiyah berbentuk perguruan, yaitu Tapak Suci Putera Muhammadiyah (TSPM) ada dan berkembang di setiap lembaga pendidikan Muhammadiyah. Walau ada di antara aktivisnya berasal dari lembaga pendidikan umum.


Ketua Kwarwi GKHW Sumatera Barat, Apris,

Pada pelantikan ketua bersama pengurus Kwarda GKHW Pasaman Barat, gerakan kepanduan di tengah persyaratan Muhammadiyah, kukan sebatas organisasi yang melibatkan peserta didik di setiap jenjang pendidikan. Wadah ini, juga sebagai ajang kreativitas, motivasi, dan keterampilan.


Di lembaga pendidikan umum, atau sekolah/madrasah swasta selain dikelola Muhammadiyah, kepanduan Hizbul Wathan, hampir sama dengan kegiatan yang ada dan diberdayakan di wadah kepramukaan. Selain mengutamakan rasa kebersamaan dan pelestarian budaya gotong royong. Antara Pramuka dengan HW (Hisbul Wathan,), juga mengalami kegiatan baris-berbaris, dan sebagainya.


Selain ketua bersama pengurus Kwarwil GKHW Sumatera Barat, acara pembukaan sekaligus pengukuhan pengurus Kwarda GKHW Pasaman Barat, juga dihadiri ketua bersama pengurus Pimpinan Daerah (PD) Muhamadiyah Pasaman Barat, Pimpinan Cabang dan Ranting, pimpinan amal usaha Muhammadiyah se Pasaman Barat, pimpinan Ortom tingkat daerah, 


Adapun nama pengurus kwarda yang dilantik adalah Ketua Yondrizal, Sekretaris Imsar,  bendahara Zurlianis dan dilengkapi dengan beberapa wakil ketua dan wakil sekeretaris bidang serta wakil bendahara. bagi peningkatan kwalitas anak didik, terutama dalam hal pembentukan watak, kepribadian serta karakter sesuai dengan yang telah digariskan dalam Muhammadiyah. 


Dengan tegas dikatakannya, hanya boleh ada satu organisasi kepanduan dalam lembaga pendidikan Muhammadiyah., yaitu Hizbul Wathan, ini sesuai dengan kaedah Pendidikan dasar dan Menengah Muhammadiyah, Bab   pasal   . Hal ini tidak bertentangan dengan undang undang no 12 tahun 2010 tentang Gerakan Kepramukaan.


Dalam Bab VIII, Ketentuan Peralihan, pasal 47,  di tegaskan organisasi kepramukaan yang  seblum undang-undang ini diundangkan, tetap diakui keberadaannya . Drs. Isrul Husin, Wakil Ketua Bidang Organisasi, Adlis Jaya Putera, S Kom, Wakil ketua Bidang Pelatihan dan Arif Budiman, Sekretaris. ,(gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update