-->

Notification

×

Iklan

Iklan

SMP IT Al-Kahfi, Peringatii Maulid Nabi

Sabtu, 08 Oktober 2022 | Sabtu, Oktober 08, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-08T13:16:16Z
iklan

Peringatan Maulid Nabi Muhammad di SMP IT Al-Kahfi Pasaman Bara


Pasaman Barat, smartsumbar.com.com -  Keluarga besar SMP Islam Terpadu (IT) Al-Kahfi Pasaman Barat,  Sabtu (8/10) menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw, dengan tabligh akbar. Tablik akbar yang dilaksankan di komplek SMP IT Al-Kahfi Pasaman Barat, Rimbo Binuang, Lingkung Aur, Kecamatan Pasaman.

 

Memperingati kelahiran Nabi Muhamad itu diberi tema  "Mencintai Nabi, Meneladani Pribadi dan Perjuangannya”, dengan penceramah,  pada Ustad Zulkarim, mubaligh juga tenaga pengajar (dosen) di STAIPIQ (Sekolah Tinggi Agama Islam Pengembangan Ilmu Qur'an) Sumatera Barat, Padang.


Perayaan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw yang dibuka, Ketua Yayasan Al-Kahfir Pasaman Barat, Ust. H. Firdaus, diikuti unsur pengurus yayasan, kepala, wakil kepala, majelis guru, dan tenaga non kependidikan dengan para siswa di lingkungan lembaga pendidikan itu, termasuk warga sekitar SMP IT Al-Kahfi Pasaman Barat.


Ustad Zulkarim, putera asal Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat itu, melalui tausiyahnya, menyampaikan, kisah hidup, keteladanan dan perjuangan nabi yang senantiasa harus kita contoh pada keseharian. Dia berharap generasi muda terus mempelajari kepribadian rasulullah, Nabi Muhammad Saw, melalui hadits serta berusaha maksimal mengamalkannya.


Beberapa hal penting yang harus dikethui dari pribadi nabi menurut dosen mata kuliah tafsir hadits tersebut adalah, bahwa modal nabi Muhammad bahkan jauh sebelum masa kenabian ialah kemuliaan akhlak. Kebaikan akhlak harus menjadi perhatian penting sebelum yang lain. Tak berguna seorang yang pangkat dan kedudukan tinggi atau prestasi belajarnya hebat tapi akhlaknya buruk. Ungkap alumnus Al- Azhar Kairo tersebut.


Lebih lanjut, ayah satu anak tersebut berpesan kemuliaan akhlak Nabi Muhammad Saw, harus menjadi inspirasi bagi semua. Namun, walau sudah baik, nabi tetap dicaci dan dihina. Hikmahnya bagi kita jangan gentar dan merasa rendah dengan cemoohan orang jika kita sudah menjadi baik. Biasa saja. Tak usah baper. Sebutnya.


Zulkarim, berharap agar generasi penerus, juga senantiasa mengikuti sunnah nabi. “Anda berbakti kepada orang tua, berlaku baik kepada adik atau orang lain, senantiasa berdoa sebelum menunaikan berbagai agenda dan pekerjaan, belajar dengan semangat, berbuat baik bahkan kepada makhluk Allah yang lain. Semua itu adalah bentuk dan diantara cara kita meneladani rasulullah” paparnya.  


Terakhir, Ustadz Zulkarim mengatakan cinta nabi kepada ummatnya tak terhingga. Bahkan hingga dipenghujung hayat, rasulullah masih mengingat ummatnya. "Jangan sampai cinta Nabi Muhammad bertepuk sebelah tangan, cinta Rasul kepada ummatnya amatlah besar. Beliau tak ingin ummatnya ingkar kepada Allah. Lalu kita juga harus menunjukkan cinta yang besar kepada beliau" kata Zulkarim, mengakhiri. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update