-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Umat Hindu se Sumatera Barat, Dapat Pencerahan

Selasa, 25 Oktober 2022 | Selasa, Oktober 25, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-25T08:38:21Z
iklan

Umat Hindu, Terima Pencerahan



Padang, smartsumbar.com - Di kalangan manusia, seperti bagi umat Hindu, harus menanamkan dalam dirinya prinsip Dewi Saraswati. Dewi Saraswati, merupakan simbol ilmu pengetahuan yang secara ideal dan menurut semestinya ada serta tertanam dalam diri setiap umat.


Manjadi pertanyaan bagi sebagian umat, katanya adalah, masih ada di tengah umat bersikap serta membiasakan diri menggali, mempelajari ilmu pengetahuan dalam dirinya secara mandiri. Padahal, Dewi Saraswati bagi umat Hindu adalah simbol dari ilmu dan pengetahuan, selanjutnya ditanamkan dalam diri setiap umat.


Penjelasan ini disampaikan Piembimas ,(Pembimbing Masyarakat (Pembimas Hindu, Kanwill Kementerian Agama Sumatera Barat, Jumadi, melalui grup Pembimas Hindu Kanwill Kementerian Agama Sumatera Barat, Padang, Selasa (25/10).


Selalu menjadi pertanyaan bagi sebagian umat adalah, mengapa simbol ilmu pengetahuan adalah Dewi Saraswati, bukan dèwi yang lain ?. Jawabannya adalah, nama Saraswati bermakna ilmu pengetahuan itu sendiri. Lalu, kata Saraswati berasal dari kata "Saras" yang berarti mengalir/terus menerus, dan "Wati" yang berarti memiliki. Sesuatu yang memiliki sifat mengalir secara terus menerus dari generasi ke generasi adalah Ilmu Pengetahuan, 


Dewi, jelasnya, berasal dari urat kata "Dia, yang artinya cahaya/sinar suci, dan dewi Saraswati adalah "sakti" nya dewa Brahma sebagai dewa pencipta segala yang ada di semesta. Artinya ilmu pengetahuan sendiri bersumber dari Sang Hyang Widhi yang di turunkan melalui manifestasinya yaitu Dewi Saraswati sehingga siapapun yang memiliki ilmu pengetahuan maka dia akan memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu, apapun bentuknya ciptaan itu. 


Demikian penggalan dharma wacana yang di sampaikan Pembimas Hindu Kanwil Kemenag Sumbar dalam persembahyangan hari suci Saraswati di Pura Jagatnatha Padang tadi malam.


Hadir dalam persembahyangan tersebut Ketua Persatuan Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Sumatera Barat, Ketut Wirdayasa, Ketua LPDG Sumatera Barat, Ketut Budaraga, Sespri Kedutaan Besar (Kedubes) RI untuk Myanmar, bersama beberapa warga dari Kabupaten Sijunjung Dharmasraya.


Selamat Hari Raya Saraswati Semoga sinar suci Saraswati membawa keberuntungan bagi kita semua. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update