-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Keltan At-Tanwir, Gerakan Menanam Kentang

Sabtu, 12 November 2022 | Sabtu, November 12, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-12T13:05:00Z
iklan

Gerakan Menanam Kentang

 



SOLOK, smartsumbar.com  - Kelompok Tani (Keltan) At-Tanwir, binaan Ranting Muhammadiyah Sungai Nanam, Kabupaten Solok, melakukan penanaman bibit kentang jenis Granola 2 (G2), di lahan kelompok Jorong Rimbo Data, Sungai Nanam, Sabtu (12/11).



Hadir dalam penanaman tersebut Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah Sungai Nanam, Syarif Usman, dan segenap  unsur pimpinan, Anggota Komisi IV DPRD Sumatera Barat, Nurfirman Wansyah, dari Dinas Pertanian Kabupaten Solok, Neni, dan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Lembah Gumanti.



Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Barat, Bakhtiar, juga pembina Keltan At-Tanwir mengatakan, bibit kentang ini merupakan program dan usaha keltan dengan bantuan dari APBD Sumbar, melalui dana Pokir (Pokok Pikiran) anggota dewan atas nama Nurfirman Wansyah.



Bersamaan dengan program ini, keltan yang anggotanya anak-anak milenial juga memprogramkan peningkatan kapasitas anggota melalui pelatihan dan pengkajian usaha dan agrobisnis. Pada itu, memberikan apresiasi pada anggota Keltan At-Tanwir yang bergerak secara simultan, baik dalam usaha pertanian maupun peningkatan kapasitas. Apalagi anggota keltan ini anak-anak milenial.



Selain itu, ia juga mengharapkan agar bibit ini nantinya dapat dikembangkan untuk bibit selanjutnya.  Sebab, imbuhnya, bibit kentang ini sulit untuk didapatkan masyarakat.



Sementara itu, Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Solok Yeni, mengharapkan para petani milenial tetap memelihara kekompakan, sehingga keltan ini dapat menjadi contoh bagi keltan lainnya.



BPP Kec. Lembah Gumanti menjelaskan, teknis penanaman dan pembudidayaan kentang. Selain itu, ia juga mengharapkan keltan ini akan mampu menjadi penangkar bibit kentang, sehingga pada saatnya nanti masyarakat tidak kesulitan lagi dalam pengadaan bibit. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update