-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Laksanakan Manasik Haji dengan Format Baru

Senin, 07 November 2022 | Senin, November 07, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-07T11:56:45Z
iklan

Kepala Kantor, Pembinaan Apel Pagi di Halaman Kantor itu

 



Pasaman Barat, smartsumbar.com – Agar calon jemaah haji (CJH), seperti di Kabupaten Pasaman Barat, selalu ceria dan tetap bersemangat, ketika mengikuti bimbingan manasik haji. Maka, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) harus membuat pola baru, saat Kasi PHU bersama jajarannya melaksanakan kegiatan yang dimaksud.


“Agar antara materi, jemaah dengan pola kegiatan yang dilaksanakan tidak terkesan monoton, apalagi membuat jemaah bosan ketika menerima materi dari pemateri. Sudah layak, pantas dan saatnya, Kasi PHU bersama jajarannya membuat pola baru, dan dilaksanakan saat CJH mengikuti manasik haji”, kata Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur, pada apel pagi di halaman kantor itu, Simpang Empat, Senin (7/11).


Di antara pola manasik baru itu, ulas Muhammad Nur, kegiatannya dilaksanakan di tempat terbuka, penyampaian materi manasik dirangkai dengan kegiatan berolahraga, dan menyelenggarakan kegiatan (manasik) melalui metode autbound atau permainan. Lokasinya bisa dilaksanakan di lapangan, halaman kantor, bahkan di pantai.


Melalui kegiatan manasik dengan pola baru tersebut, katanya, selain kegiatannya serba canda, santai, dan penuh tawa, peserta juga bisa mengikuti serangkaian bimbingan manasik haji dengan maksimal. Jika pola itu diterapkan, melalui kegiatan manasik sepanjang tahun, pihaknya optimis setiap materi yang disampaikan para tutor, cepat diterima para jemaah.


Untuk itu, Kasi PHU bersama jajarannya, termasuk bersama pengurus IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) secara bersama membuat selanutnya memanfaatkan program manasik haji sepanjang tahun, dengan melaksanakan pembinaan manasik haji dengan pola baru kepada para jemaah. “Saya yakin dan optimis, tentu ada pola atau format baru dijadikan sebagai acuan, membuat jemaah makin bersemangat mengkuti manasik haji”, katanya.


Kasi PHU Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Suharjo, usai mengikuti apel pagi, menyampaikan, pihaknya selalu siap berkoordinasi dengan pihak terkait, apakah dengan pengurus IPHI maupun para pemateri manasik, membuat pola atau format manasik baru, selanjutnya dilaksanakan pada program manasik sepanjang tahun di Pasaman Barat.


Kendati demikian, pihaknya, minta dukungan dan kerjasama dengan pihak terkait untuk membuat formula baru dalam kegiatan manasik haji sepanjang tahun di Pasaman Barat. “Kalau tidak ada aral melintang, kegiatan manasik sepanjang tahun untuk tahun 1444-1445 ini, dimulai bulan Januari 2023 depan”, katanya menambahkan. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update