-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Bagan Karam, Enam Selamat dan Enam Hilang

Sabtu, 25 Maret 2023 | Sabtu, Maret 25, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-25T08:10:29Z
iklan

 

 nilah awak kapal bagan yang ditemukan selamat


Pasaman Barat, smartsumbar.com - Satu unit kapal bagan, sarana penangkap ikan bagi nelayan, sekitar pukul 22.00 Wib, Jumat (24/3) tenggelam di perairan (laut) Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat. Dari peristiwa itu, enam orang selamat dan enam lain dinyatakan hilang.


Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Zulkarnain mengatakan kejadian ini terjadi akibat tingginya gelombang laut. Saat itu, kapal nelayan jenis bagan bersama awak bersama pengikutnya berada di tengah lautan.


“Dugaan sementara, saat meraka pergi melaut, dengan tujuan mencari ikan. Sementara cuaca buruk dari hujan juga terus turun. Akibatnya, awak bagan yang membawa 12 orang tersebut tidak kuasa mengendalikannya, dan akhirnya tenggelam", jelasnya, menjawab wartawan di Simpang Empat, Sabtu (25/3).


Kemarin malam (Jumat, 34 Maret 2023), hujan turun dengan intensitas tinggi, sehingga terjadi badai dan menerjang kapal bagan yang mengangkut 12 orang tersebut. Dan di saat itu bagan bersama awak dan pengikutnya masih jauh dari bibir pantai.


Akibat karamnya kapal nelayan, dengan merek Roses 01, terhempas ke laut dan enam orang berhasil ditemukan dengan kondisi selamat, lalu enam orang lagi masih hilang dan hingga saat ini masih dalam pencarian secara intensif bersama tim terkait.


“Enam orang yang selamat, ditemukan di perairan pantai Sikabau, Kecamatan Koto Balingka, juga berada di Pasaman Barat. Lalu, enam orang lagi masih dalam pencarian, dan belum ditemukan tanda-tanda posisi keberadaan mereka”, ujarnya.


Berikut nama-nama korban kapal bagan yang ditemukan selamat, Satu. Alan (47), Dua. Arif (17), Tiga. Asdar (23), Empat.

Yarif (24), Lima. Andre (17), dan Enam. Ibnu (18), jelasnya.


Sedangkan korban yang hilang dan hingga saat ini masih dalam tahap pencarian adalah, Satu. Mak Iya (58), Dua. Rudi (45), Tiga. Fildi (17), Empat. Akak (36), Lima. 

Aan (22), dan Enam. Afif (18). "Kita berharap enam pengikut di kapal bagan nelayan itu, secepatnya bisa ditemukan, yang selanjutnya diserahkan kepada keluarganya masing-masing. *****gmz/iz

iklan
×
Berita Terbaru Update