-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Rapat Terpadu Kemenag Pasbar, Ajukan Tiga Kategori Besaran Zakat Fitrah

Kamis, 30 Maret 2023 | Kamis, Maret 30, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-30T09:31:50Z
iklan




Pasaman Barat, smartsumbar.com - Berdasarkan rapat terpadu pihak terkait di ruang kerja Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Kamis (29/3), maka besaran standar zakat fitrah di kabupaten itu ditetapkan menjadi tiga kategori, jika pembayaran zakat fitrah dimaksud dilaksanakan dengan standar uang.


Selain Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, yang diwakili Penyelenggaraa Zakat Wakaf, Asriwan, dan Ketua Baznas Pasaman Barat, Muhajir, Rapat terpadu standar zakat fitrah itu diikuti, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Pasaman Barat, diwakili Sri Nanda, Kabag Kesra, diwakili Kasubag Agama, Ikhsan


Selain itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia,(MUI), Darmansyah, Ketua Pimpinan Cabang NU (Nahdatul Ulama), Nasrullah Sudirman, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Ronaldi, Kasi Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (Pakis) sakaligus Plt. Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad), Rali Tasman, dan Pranata Humas Ahli Muda Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Gusmizar.


Melalui rapat terpadu di ruang rapat Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Simpang Empat itu, maka tiga kategori zakat fitrah dan wajib dibayarkan setiap umat Islam, mulai dari baru lahir hingga berada di masa usia lanjut adalah, Stndari Pertama adalah, Rp.45.000, Standar Kedua. Rp.37.0000, lalu untuk Standar Ketiga adalah Rp.30.0000.


Sri Nanda, yang mewakili Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pasaman Barat, menjelaskan, sebagai OPD (Organisasi Pemerintah Daerah) di lingkungan Pemerintah Daerah Pasaman Barat, pada setiap minggunya, pihaknya selalu mengecek sekaligus memantau harga besar dan bahan tambahan pokok lain di beberapa pasar se Pasaman Barat.


Harga jual-beli beras dan kebutuhan pokok lainnya di Pasaman Barat, juga bergaransi, sesuai jenis besar, harga dan tingkat partisipasi masyarakat untuk membeli beras yang dimaksud. Harga beras dimaksud, juga berpariasi, walau nama berasnya sama, seperti beras anak daro, sokan, pandan wangi, beras 64, anak daro lokal dan sebagainya.


Berdasarkan survey harga beras di beberapa pasar nagari se Pasaman Barat, hargai tertinggi per kilogramnya adalah Rp.16.500, harga sedang Rp.13.500 per kilogram, dan harga terendah Rp. 11.000 perkilogram, Untuk satuan zakat fitrah banyaknya adalah 2,7 kilogram.


Penyelenggara Zakat Wakaf, Asriwan, yang merekap sekaligus mencatat keputusan rapat terpadu standar zakat fitrah dimaksud menyimpulkan, untuk tahun 1444 atau 2023 saat ini, ditetapkan bahwa standar zakat fitrah di Pasaman Barat ditetapkan menjadi tiga kategori, yaitu Rp.45.000 untuk tingkatan pertama, Rp.37.000 tingkatan kedua, dan Rp. 30.000 untuk tingkatan ketiga 


Dari keputusa bersama, melalui rapat terpadu ini, jelas Asriwan, pihaknya selanjutnya meneruskan keputusan rapat bersama ini pemerintah daerah, agar ditetapkan melalui surat keputusan bupati, dan seterusnya disampaikan kepada masyarakat, untuk dilaksanakan. **** (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update