-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati, Hamsuardi, Lepas CJH Pasaman Barat

Rabu, 31 Mei 2023 | Rabu, Mei 31, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-31T09:05:56Z
iklan

CJH Pasaman Barat, Ikuti Acara Pelepasan di Aula Kantor Bupati 



Pasaman Barat, smartsumbar.com  - 225 calon dan petugas haji Kabupaten Pasaman Barat, Rabu (31/5) dilepas bupati setempat, Hamsuardi di aula kantor bupati, Simpang Empat, Dari sejumlah jemaah, 317 calon jamaah haji, lima petugas haji, dan tiga orang lagi petugas haji daerah.


Kepala Staf Haji Pasaman Barat, Syafrizal,  juga Kepala Kantor Kementerian Agama setempat, melaporkan, dari 317 calon jamaah haji yang akan terbang menuju tanah suci hari Selasa, 6 Juni 2023 depan, 111 orang di antaranya dari Kecamatan Pasaman, 58 Kinali, Lembah Melintang 30, Luhak Nan Duo 33, Sungai Beremas 18, Parit Koto Balingka 12,, Talamau 10, Ranah Batahan 14, Gunung Tuleh 12, Sasak Ranah Pasisir 4, dan dari Kecamatan Sungai Aur sebanyak 14 orang.


Berdasarkan jenis kelamin, calon jamaah haji Pasaman Barat adalah, 132 orang laki-laki, dan 185 orang lainnya perempuan. Jemaah tertua adalah Marwan, usia 95 tahun, jemaah dari Kecamatan Pasaman, sementara jemaah calon haji termuda adalah Aldi Mulia Permana, juga dari Kecamatan Pasaman.


Khusus petugas haji yang tergabung dalam jemaah Kelompok Terbang (Kloter) III Mes Padang, Kabupaten Pasaman Barat adalah, sebagai Ketua Kloter, Rali Tasman, Kasi Pakis (Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam) Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Suharjo, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, sebagai petugas Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI).


Sebagai petugas bidang kesehatan adalah, Oktaviandi, sebagai dokter, Maulida Rahmi dan Amelia Putri sebagai perawat kesehatan.Untuk petugas haji daerah adalah, Hartasani, Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Lisfa Gusmaliyah dan Somi Emrika. Khusus Somi Emrika, dirinya akan bergabung dengan jumlah Kloter XVI Mes Padang.


Sebelum Bupati, Hamsuardi, melepas jemaah calon haji dari 11 kecamatan se Pasaman Barat,vdiawali dengan manasik haji terakhir bagi calon jemaah haji tahun 1444/2023. Sebagai pematerinya Ustad Busmel, Pengaduk Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Makki Pasaman Barat di Ujung Tanah, Batang Lingkin, Kecamatan Pasaman.


Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi, sampaikan, Alhamdulilah pada tahun ini, 325 calon jamaah bersama petugas haji Pasaman Barat, diberi kesempatan untuk melaksanakan perjalanan ibadah haji ke tanah suci. Kesempatan ini adalah karunia dari Allah Swt kepada hamba-NYA. Untuk itu, manfaatkanlah kesempatan ini dengan maksimal, sesuai aturan, syarat dan rukun haji yang akan dilaksanakan selama berada di tanah suci.


Seiring hal itu, bupati mengajak setiap calon jamaah haji, agar selalu memperhatikan serta melaksanakan beberapa hal, yaitu Pertama. Luruskan niat di dalam hati, bahwa ibadah haji yang akan dilaksanakan hanya untuk Allah dan selalu mengharap ridho-Nya. Kedua. Lewat manasik haji, maka memberikan pemahaman atas pentingnya menjaga makna kemabruran haji, sehingga dapat berpengaruh positif bagi kehidupan dan aktivitas sehari-hari bagi jamaah calon haji nantinya,” kata bupati.


Hamsuardi, berpesan agar para jamaah calon haji dapat menjaga nama baik negara dengan menaati dan menghormati peraturan dan budaya yang berlaku di Arab Saudi. Selama menjalankan ibadah, setiap jemaah selalu menjaga kebersamaan, kekompakan serta kerjasama yang baik di antara sesama jamaah haji, menghormati sesama tamu Allah dan menjaga nama baik negara dan daerah, karena ibadah haji dilaksanakan di negeri orang, sehingga penting untuk mentaati dan menghormati aturan, ketentuan, serta budaya yang berlaku di negara tersebut. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update