-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Hamsuardi, Salurkan 13000 Ikan Garing ke 11 Kelompok

Jumat, 11 Agustus 2023 | Jumat, Agustus 11, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-11T12:55:00Z
iklan

Ikan Garing

 


Pasaman Barat, smartsumbar.com, - Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi, didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Zulfi Agus dan Kepala DPMN (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari), Randy Hendrawan, Kamis (10/8) sore kemarin, salurkan bantuan bibit ikan kepada 11 kelompok 


Penyaluran bibit ikan garing kepada 11 kelompok masyarakat pengawas (Pokmaswas) perikanan se Pasaman Barat secara simbolis di Sungai Mesjid Raya Pasar Durian Kilangan, Langgam, Kecamatan Kinali itu, diikuti Wakil Ketua DPRD Pasaman Barat, Daliyus K, bersama pengurus dari 11 kelompok masyarakat pengawas perikanan yang menerima bantuan bibit ikan garing yang bersangkutan.


Bantuan bibit Ikan garing untuk 11 Pokmaswas dengan total nilai uangnya mencapai Rp.100 juta. Penebaran bibit ikan ini, juga dapat melestarikan keanekaragaman ikan serta potensial bagi pemenuhan kebutuhan protein masyarakat. 


Ke-11 Pokmaswas, penerima bibi ikan itu, 10 Pokmaswas di Kecamatan Kinali,  dan 1 kelompok masyarakat pengawas lainnya di Kecamatan Sungai Aur. Nama-nama dati 11 kelompok itu adalah, Pokmaswas Panco, Saiyo, Sakato, Masjid Jamik Air Putih, Balero Langgam, Gempaski, Tunas Baru, Rantiang Cubadak, Mina Silambau, Banda Masjid dan Banjar Bolak,” jelasnya. 


Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi, pada kesempatan itu menyampaikan, pihaknya bersama masyarakat dan kelompok masyarakat pengawas perikanan se Pasaman Barat, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Wakil Ketua DPRD Daliyus K, melalui dana pokirnya.


Sulitnya stok ikan garing di Pasaman Barat, dengan harga yang tergolong tinggi, membuat program penyerahan bantuan Bibit Ikan Gariang itu sangat didukung oleh Pemda Pasbar. Ia juga berharap, program tersebut dapat terus berlanjut di masa yang akan datang.


"Dulu untuk mendapatkan ikan di Pasbar ini cukup mudah. Stok ikan banyak dan harganyapun masih relatif murah. Namun belakangan, ikan terutama ikan laut terhitung mahal. Adanya program ini mudah-mudahan dapat membantu kita semua dalam memperoleh ikan terutama untuk pemenuhan kebutuhan protein. Kita buatkan aturan untuk tidak menangkap ikan dengan cara menggunakan racun, listrik, atau bahan berbahaya lainnya," tuturnya. 


Diakhir kegiatan, dilakukan pelepasan Bibit Ikan Gariang secara simbolis di Sungai Masjid Raya Pasar Durian Kilangan, Jorong Langgam, Kecamatan Kinali sebanyak 4000 ekor. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update