-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Lomba Penyelenggaraan Jenazah, Isi Gebyar HUT RI di Sungai Aur

Selasa, 08 Agustus 2023 | Selasa, Agustus 08, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-08T02:40:13Z
iklan

Lomba Penyelenggaraan Jenazah


Pasaman Barat, smartsumbar.com, -  Kegiatan keagamaan, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Indonesia ke-78, tahun 2023 di Kecamatan Sungai Aur, Pasaman Barat, diisi dengan melaksanakan lomba penyelenggaraan jenazah antar siswa.


Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Sungai Aur, Kurnia Kurdi, melalui akun WhatsApp di lokasi lomba, Senin, mengakui,  penyelenggaraan jenazah bagi umat Islam adalah kewajiban secara bersama atau disebut dengan fardu kifayah, begitu juga di Kecamatan Sungai Aur.


Dilain pihak, pengetahuan  penyelenggaraan jenazah yang dimaksud, untuk saat adalah sesuatu yang langka, sehingga jika ada dalam suatu keluarga atau warga meninggal dunia, penyelenggara jenazah yang bersangkutan sengaja dikerjakan orang lain, bukan dari anggota keluarga atau kerabat dekat dari almarhum atau almarhumah yang bersangkutan.


Artinya, ulas Kurnia Kurdi, orang-orang yang bisa menyelenggarakan jenazah di daerah tertentu, termasuk di Sungai Aur, belum sesuai dari yang diharapkan. Idealnya, setiap anggota keluarga di masyarakat bisa mengurusi penyelenggaraan jenazah, sehingga jika ada anggota keluarga mereka meninggal dunia, penyelenggaranya adalah anggota keluarga yang bersangkutan.


Dilaksanakannya lomba penyelenggaraan jenazah dalam Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) bidang keagamaan di Kecamatan Sungai Aur, adalah motivasi sekaligus menjadi penyemangat bagi umat Islam, khususnya di Kecamatan Sungai Aur, agar belajar, memahami dan mampu mengurus penyelenggaraan jenazah di lingkungannya masing-masing.


"Atas nama pribadi dan keluarga besar KUA Kecamatan Sungai Aur, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kecamatan yang menjadikan lomba penyelenggaraan jenazah, sebagai salah satu kegiatan dari PHBN di Kecamatan Sungai Aur tahun ini", katanya.


Lomba penyelenggaraan jenazah tahun ini, tambah Kurnia Kurdi, diikuti siswa berbagai jenjang pendidikan secara per kelompok, mulai tingkat SD/Madrasah Ibtidaiyah (MI), SMP/Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan tingkat SMA/SMK atau Madrasah Aliyah (MA) se Kecamatan Sungai Aur. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update