-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Siswa Kelas IX MTs, Mulai Senin Ikuti Simulasi ANBK

Senin, 11 September 2023 | Senin, September 11, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-11T10:37:22Z
iklan

Simulasi ANBK Siswa MTsN 3 Pasaman Barat 

 


Pasaman Barat, smartsumbar.com, - Siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Pasaman Barat, begitu juga siswa MTs lain di Pasaman Barat, mulai Senin (11/9) mengikuti simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di madrasahnya masing-masing.


Di MTsN 3 Pasaman Barat, simulasi ANBK Tahun 2023, diikuti seluruh siswa kelas IX atau kelas'3 tingkat MTs negeri dan swasta, khususnya di Pasaman Barat, kata Kepala MTsN 3 Pasaman Barat itu, Gusnifar,  melalui akun WhatsApp (WA)-nya dari madrasah dipimpinnya, Langgam Kinali, Senin siang.


ANBK, ulasnya, adalah bentuk evaluasi yang wajib diikuti setiap siswa kelas terakhir di lembaga pendidikan bersangkutan, diterapkan dari sistem pendidikan nasional, sesuai kurikulum dan bidang studi yang diujikan. Untuk jenjang pendidikan sekolah dasar dan pendidikan menengah, apakah MTs maupun SMP, seperti di Pasaman Barat.


ANBK, ulasnya, akan dimulai sekitar bulan Mei dan Juni 2023 depan. Khusus pelaksanaan berupa sinkronisasi simulasi terlebih dahulu. Asesmen nasional dirancang sebagai program evaluasi pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan.


Hal-hal yang akan masuk ke dalam penilaian antara lain input, proses, dan output pembelajaran. Ada tiga instrumen yang akan digunakan untuk melakukan evaluasi, antara lain Asesmen Kompetisi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan survei lingkungan belajar. Tujuan utama dari pelaksanaan AKM adalah untuk mengetahui kemampuan literasi dan numerasi siswa.


Selanjutnya survei karakter dilaksanakan untuk mengetahui mengukur capaian hasil sosial-emosional siswa. Terakhir, survei lingkungan belajar untuk mengetahui, mengevaluasi, dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan madrasah, memenuhi syarat atau tidak. 


Untuk mempersiapkan ANBK 2023, tambah Gusnifar, sebaiknya para siswa melakukan simulasi dengan ikut latihan soal dan semacamnya. Link situs simulasi ANBK 2023 dapat menggunakan alamat berikut ini. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update