-->

Notification

×

Iklan

Iklan

PPK Gunung Tuleh, Hitung Pilihan Warga Cermat dan Teliti

Minggu, 18 Februari 2024 | Minggu, Februari 18, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-18T03:32:44Z
iklan

Penghitungan Suara di Gunung Tuleh 

 


Pasaman Barat, smartsumbar.com, - Belasan saksi dari partai, Sabtu (17/2) hingga malam kemarin cermat dan teliti melihat penghitungan suara yang dilih secara serentak hari Rabu, 14 Februari 2024 lalu di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada. Penghitungan suara tingkat kecamatan ini dilaksanakan di gedung pertemuan tingkat kecamatan, Simpang Tiga Alin.


Pada pemilihan umum (Pemilu), seperti hari Rabu lalu, Kecamatan Gunung Tuleh, tergabung dalam daerah pemilihan (Dapil) Tiga, meliputi Kecamatan Lembah Melintang, Sungai Aur, dan Kecamatan Gunung Tuleh. Penghitungan suara hari Sabtu yang dilaksanakan sampai malam itu, khusus untuk wilayah Kecamatan Gunung Tuleh. 


Penghitungan suara secara manual dan dihadiri pihak terkait adalah, kertas suara untuk pemilihan calon presiden dan wakil presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi DPRD Kabupaten Pasaman Barat, yang direkap dari hasil suara di TPS-TPS seluruh Kecamatan Gunung Tuleh.


Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gunung Tuleh, Monza Putra, menjelaskan, hari ini (Sabtu-red), pihaknya melakukan rekapiltulasi surat suara yang ada di KPPS Se kecamatan Gunung Tuleh yang di saksikan oleh pengaman TNI, Polri, Panwas, dan saksi dari partai yang mempuyai surat mandat”, jelasnya


Sesuai jadwal, katanya lagi, pembukaan kotak suara se Gunung Tuleh sebanyak 76 TPS sudah berada dan terkumpul di aula kantor kecamatan, yang di kawal ketat TNI, POLRI, bersama Panwas kecamatan. Pihak yang terlibat dalam penghitungan suara ini, berdasarkan undangan, yang ditujukan kepada ketua PPS, Saksi presiden dan wakil presiden, dan saksi.


“17 Februari 2024 jam 13.30 Wib, diawali dari Nagari Muaro Kiawai Hilir sebanyak 13 TPS, lalu Nagari Ranah Sungai Magelang dengan 7 TPS, dengan cara membuka kotak dan menyalin hasil C.1 plano TPS selanjutnya di rekap C1 Hasil PPK, pada kotak presiden dan wakil presiden DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/kota”, jelasnya.


Dijelaskan, tanggal 18 Februari 2024 dihitung kertas suara dari Nagari Muaro Kiawai Barat, dengan 10 TPS, kemudian di lanjutkan Nagari Rabi Jonggor dengan TPS 11 TPS.


Pada hari Senin tanggal 19 Februari 2024 Nagari Muaro Kiawai dengan 9 (Sembilan) TPS, di lanjutkan Nagari Bahoras dengan 12 TPS. Hari terakhir direkap kertas suara Nagari Seberang Kanaikan dengan 14 TPS pada tanggal 20 Februari 2024 “, terangnya.


Selanjutnya data yang sudah di salin dari C1 plano TPS kemudian di masukkan ke CI Hasil PPK di kirim ke KPU Kabupaten Pasaman Barat. Diharap tahapan pemilu 2024 terkhusus di Kecamatan Gunung Tuleh berjalan dengan bersih aman, dan sukses.


Sementara itu di tempat yang sama Kapolsek Gunung Tuleh IPTU Deswandi di dampinggi Babinsa Muaro kiawai Barat Serka Irfan Siregar serta Camat Gunung Tuleh Ferdinan Ujang mengatakan.


“Kami dari TNI, POLRI serta pemerintah kecamatan siap menyukseskan, mengawal dan mengamankan berjalannya penghitungan rekap hasil suara di PPK kecamatan Gunung Tuleh di mulai dengan hari pertama sampai selesai”, tegasnya. (gmz)

iklan
×
Berita Terbaru Update