-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Program 100 Hari Kerja Direktur PDAM Pasbar, ini Terobosan yang Dilakukan

Rabu, 18 November 2020 | Rabu, November 18, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-11-19T02:10:34Z
iklan

 

Helju Sepli Tuhari, SP



Pasaman Barat, smartsumbar.com----Harapan perbaikan layanan PDAM dan majunya perusahaan daerah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) tersebut, tertuju pada kepemimpinan Direktur Baru Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PERUMDAM) Tirta Gemilang Pasbar, Helju Sepli Tuhari, SP.

 

Helju dilantik sebagai Direktur PDAM Pasbar yang baru sejak tanggal 23 September 2020. Berdasarkan hasil seleksi sebelumnya yang terbuka untuk umum.

 

Begitu serah terima jabatan dengan pimpinan lama, dengan cepat Helju melakukan langkah-langkah pembenahan untuk optimalisasi pelayanan air bersih, menuju terwujudnya pelayanan prima pada konsumen.

 

Helju Sepli Tuhari (kanan( dilantik sebagai Direktur Baru PDAM Pasbar sejak 30 September 2020

Berbekal sejumlah pengalaman dalam memenej  usaha  seperti koperasi dan lembaga swadaya masyarakat, aktivis muda, Helju Sepli Tuhari, memang diharapkan mampu mebawa perubahan yang lebih baik untuk kemajuan PERUMDAM Tirta Gemilang Pasbar.

 

“Sudah niat saya dari awal ketika ikut seleksi, bagaimana saya bisa berbuat untuk Pasaman Barat yang lebih baik ke depan, khususnya dalam pelayaan PDAM ini sebagai mana amanah yang diberikan. Apalagi sebelumnya saya juga kerap mengkritik. “sebut Helju ketika ditemui smartsumbar.com, Selasa (17/11/2020).

Rapat Koordinasi Tim Reaksi Cepat (TRC) Perumda Tirta Gemilang Pasbar Pembahasan hasil survey jaringan yang masuk dalam agenda 100 hari kerja Direktur Perumda Tirta Gemilang Pasbar.


Suatu visi dan terobosan yang diprogramkan oleh Direktur PDAM yang baru asal Ranah Batahan ini adalah menuju terwujudnya pelayanan prima dan kepuasan konsumen.

 

Menurut Helju pihaknya telah menginventarsir berbagai peroalan PDAM selama ini, dan mencarikan solusi serta langkah –langkah pembenahan yang akan dilakukan. Kini telah sedang melaksanakan berbagai langkah cepat untuk peningkatan layanan PDAM.

 

“ Kita punya program strategis 100 hari kerja untuk melakukan perobahan cepat dalam mewujudkan  pelayanan prima, " kata Helju.

TSurvey lapangan dan perbaikan sumbaer air PDAM

 Dijelaskan ada tiga langkah atau program cepat yang dilakukan saat ini. Pertama memastikan pelanggan harus tetap meperoleh air. Maka dilakukan normalisasi seluruh sumber air dan saluran PDAM yang ada di Kabupaten Pasbar.   Hal ini sesuai hasil survery Direktur PDAM bersama tim ke lapangan yang telah dilakukan ke semua sumber air yang ada.

 

“Sebenarnya dari sumber air yang ada, kita bukan kekurangan  tapi malah berlebih. Namun distribusi sumber yang tidak maksimal dikarenakan berbagai kerusakan dan kebocorn sumber air, “ terang Helju

 

Dijelaskan, baru sekitar 20 persen sumber air yang terpakai. Dan dari kapasistas 50 liter/detik, selama ini hanya bisa teralirkan 5 liter per detik paling tinggi 10 liter perdetik. Jadi inilah menurut Helju yang akan dimaksimalkan dari seluruh sumber.

 

Perbaikan Sumber Air dan Jaringan PDAM

“Dibanding daerah lain, kita sebenarnya punya kelebihan bahwa sumber mata air kita diperoleh dari penngununan seperti Gunung Pasaman. Maka langsung dapat didisitribusikan tapa harus biaya tinggi untuk pengolahan. Beda dengan daerah lain seperti Jakarta mereka mengolah sumber air yang keruh, berbau dan kotor dari Kali Ciliung, yang   memerlukan  biaya besar untuk pegolahan dan distribusiannya,”papar Helju.

Ditambahkan, untuk perbaikan jaringan ke depan agar memudahkan mendeteksi adanya kerusakan jaringan distribusi air, maka perlu dibuatkan jalur tol  atau pipa utama dari daerah Pinaga sampai Sasak. Karena selama ini kerusakan jaringan agak sulit terpantau dimana posisi kerusakannya.

 

Perteuan Direktur PDAM Pasbar dengan pihak Bank BRI Simpang Empat dalam rangka pembuatan Aplikasi Pembayaran Tagihan Konsumen PDAM

Langkah Kedua, menurut Helju adalah memastikan planggan  bisa melaporkan masalahnya atau keluhaannya pada PDAM. Maka ada piket tiap hari yang akan menerima laporan dan akan dipantau bagaimana proes penanganannya. 

Untuk pengaduan ini pelanggan dapat menghubungi Call Center 08116655414, untuk semua konsumen se Pasbar. Bahkan bisa melalui media sosial dan akan dipantau bagaimana tindak lanjutnya.

 

Menuju Kepuasan Konsumen, pastikan air tetap mengalir

Langkah Ketiga adalah mempermudah pelanggan dalam membayar tagihan. Bahkan bisa cek tagihan di rumah. Direncanakan aplikasi ini segera diluncurkan. Karena sudah saatnya PDAM Pasbar dapat diakses melaui mobile banking.

 

Ketiga langkah di atas jelas Helju sudah sedang dilaksanakan. Bahkan berbagai kegiatan pembenahan juga diposting dan diinfokan pada publik secara terbuka lewat akun media sosial.****remn/hsnj/irz


iklan
×
Berita Terbaru Update